Cara Mencari dan Mendapatkan Berita dalam Jurnalistik

BAGAIMANA CARA KITA MENDAPAT BERITA?

Berbagi Fakta - Banyak berita akan datang kepada Anda sebagai seorang jurnalis tanpa usaha yang berarti dari pihak Anda. Selebaran pemerintah, pidato-pidato menteri dan pengumuman tentang perkembangan baru, datang ke ruang berita setelah diproses oleh insan pers atau humas (hubungan masyarakat).

Menyampaikan informasi seperti itu, asalkan menarik dan informatif, adalah fungsi penting media, yaitu menyampaikan peristiwa penting kepada masyarakat tentang apa yang terjadi di dalam negeri.

Bagian dari pekerjaan jurnalis ialah memilah mana yang penting dan informatif dari berjuta kata membosankan yang dikirimkan kepada Anda.

Ada juga berita yang dibutuhkan oleh jurnalis sendiri dan mereka menyampaikannya juga untuk umum. Kebutuhan ini bukan hal yang ingin dirahasiakan oleh seseorang. Banyak orang punya banyak cerita untuk disampaikan tapi tidak tahu bagaimana caranya membuat siaran pers (press release). Satu bagian pekerjaan dari jurnalis adalah menemukan orang itu dan melaporkan ceritanya.

Ada juga cerita-cerita yang ingin dirahasiakan orang tapi harus diketahui oleh publik. Apabila Anda mendengar situasi semacam ini, tugas Anda adalah menginvestigasinya secara adil dan tanpa takut.

Tawuran

DARI MANA DATANGNYA BERITA?

Sekarang kita mengetahui apa yang menjadi berita. Berikut ini adalah bagian-bagian pokok dari hidup yang biasanya kita harapkan untuk menjadi berita. Untuk kategori-kategori di bawah ini, pikirkan paling sedikit satu kejadian atau situasi yang dapat menjadi berita di masyarakat Anda. 

Konflik 

Termasuk dalam kategori ini: perang, pemogokan, revolusi, pengucilan suatu kelompok, perseteruan suku dan kelompok, pemilihan umum dan perebutan kekuasaan dalam bidang politik.

Bencana dan Tragedi

Termasuk di dalamnya: kecelakaan udara, tabrakan kereta, kapal tenggelam, letusan gunung berapi, gempa bumi atau tragedi kemanusiaan seperti anak-anak jatuh ke dalam sumur dan mereka tidak dapat diselamatkan.

Pembangunan dan Perkembangan

Pembangunan selalu menjadi berita di negara berkembang. Laporan harus selalu terfokus pada bagaimana pembangunan itu mempengaruhi kehidupan manusianya, untuk kebaikan atau sebaliknya. Gagasan baru atau perkembangan suatu daerah bisa mendorong gagasan di daerah lain. 

Kejahatan

Setiap kejahatan bisa menjadi berita, apakah itu pelanggaran lalu lintas, pencurian, korupsi, penipuan, perkosaan atau tapi kejahatan yang lebih serius atau pembunuhan kejahatan yang luar biasa biasanya menjadi berita yang lebih besar.

Uang

Uang dalam hal ini bisa menyangkut keuntungan dan kerugian yang didapat, biaya sekolah, pajak, anggaran belanja negara, harga-harga makanan, kenaikan upah, krisis ekonomi dan tuntutan ganti rugi. Bukan hanya jumlah uang yang besar yang menjadi berita; seorang gadis kecil yang menyumbangkan uangnya yang hanya seribu rupiah pada sebuah program pencarian dana besar. besaran lebih menarik daripada usahawan yang menyumbang seratus dollar.

Perlawanan Kaum Tertindas

Satu fungsi tradisional jurnalis ialah membela hak-hak orang kecil, khususnya yang tertindas seperti seorang prajurit melawan jendral yang tidak adil, orang yang tak bersalah menghadapi tuntutan palsu, atau yang miskin melawan eksploitasi pengusaha.

Agama

Ada dua tipe berita agama. Pertama, kejadian-kejadian yang mempengaruhi kehidupan orang beragama, seperti pembangunan tempat ibadah. Kedua, pernyataan dari pemimpin agama mengenai urusan moral atau keagamaan, seperti mengenai kontrasepsi atau keselamatan.

Selebritis

Tokoh masyarakat membuat berita. Apa yang dilakukan tokoh di muka umum, kehidupan yang mereka jalani dan bagaimana mereka tampil, semuanya sangat menarik. Terlebih lagi menjadi berita saat mereka jatuh dari kekuasaan, uang, atau perselingkuhan. kehilangan semua hartanya atau terlibat skandal, korupsi

Kesehatan

Banyak orang sangat memperhatikan kesehatannya, maka mereka tertarik pada berita tentang penyembuhan tradisional, riset obat-obatan, penyakit, rumah sakit dan klinik, obat-obatan, diet dan latihan.

Baca juga: Cara Menulis Berita yang baik dan Benar, Panduan Menjadi Jurnalis

Seks

Semua masyarakat tertarik pada seks, walaupun mereka tidak mendiskusikannya secara terbuka. Banyak berita tentang seks meliputi tingkah laku yang keluar dari norma yang diterima secara umum oleh masyarakat.

Cuaca

Cuaca bisa mempengaruhi rutinitas sehari-hari masyarakat dan menjadi menarik bila cuaca keluar dari kebiasaannya misalnya temperatur yang luar biasa tinggi atau rendah, atau curah hujan yang luar biasa tinggi atau rendah.

Makanan dan Minuman

Orang kaya merencanakan pesta-pesta, orang miskin berusaha memenuhi kebutuhan makan dan minum. Kekurangan dan kelebihan, gagal panen dan panen besar-besaran, harga makanan di pasar atau peluncuran perdana minuman bir baru, semuanya menjadi berita.

Hiburan

Berita tentang musik, tarian, teater, bioskop dan ukiran, memberikan informasi tentang perkembangan dunia seni, siapa sedang melakukan apa, siapa sedang berpentas di mana, dan apa yang pantas dilihat atau didengar.

Olahraga dan seni

Banyak orang berpartisipasi dalam olah raga dan seni, sementara yang lainnya bertindak sebagai penonton. Mereka ingin mengetahui hasil-hasil pertandingan dan pertunjukan, berita tentang olahragawan dan prestasi mereka.

Kemanusiaan

Ada kejadian yang luar biasa dan aspek menarik dari kehidupan orang lain yang tidak begitu penting bagi masyarakat secara keseluruhan. Cerita-cerita ini disebut cerita tentang kemanusiaan (human interest stories). Contohnya seorang anak yang pergi ke luar negeri untuk operasi;

pilot yang sembuh dari luka-luka yang didapatnya dari kecelakaan udara dan bertekad untuk kembali mengudara; atau orang dengan koleksi sejuta kartu pos bergambar.

Baca juga: Apa itu Jurnalis? Menganal Profesi Jurnalis

BERITA DAN HIBURAN

Fungsi media - surat kabar, majalah, radio dan televisi adalah untuk memberi informasi, mendidik dan menghibur. Tapi, fungsi berita itu sendiri untuk memberi informasi dan mendidik pembaca atau pendengar. Hiburan bisa datang dari bidang lain acara musik dan drama di radio; gambar kartun dan teka-teki silang di koran. Tugas berita bukan untuk menghibur. Tapi, tidak berarti berita harus membosankan. Apabila suatu berita memiliki unsur humor, cobalah selalu untuk menuliskannya dalam cerita hingga pembaca atau pendengar Anda tertarik. Yang penting, berita itu berdasar peristiwa yang nyata. Jangan melaporkan cerita seakan-akan sebuah berita, hanya karena ceritanya menarik. Setelah berpengalaman, Anda akan bisa menuliskan kejadian yang sungguh-sungguh menghibur - seperti segi lucu pada sebuah kejadian. Ini bukan berita, dan jangan disampaikan seakan-akan ini sebuah berita. Jelaskan kepada pembaca atau pendengar Anda, mana yang berita dan mana yang bukan.

KESIMPULAN

Untuk memutuskan apa yang harus dilaporkan, kita harus memisahkan antara berita dan bukan berita. Tanyakan kepada diri sendiri pertanyaan berikut tentang apapun yang Anda pikir mungkin menjadi berita:

  • Apakah ini hal yang baru?
  • Apakah ini hal yang luar biasa?
  • Apakah menarik?
  • Apakah penting?
  • Apakah menyangkut kehidupan manusia?

Untuk memutuskan bagaimana melaporkannya, tanyakan pada diri sendiri, bagaimana hal ini bisa mempengaruhi kehidupan pembaca atau pendengar?

Bila hal itu tidak baru atau luar biasa, tidak menarik atau tak penting, dan itu tidak akan mempengaruhi kehidupan pembaca atau pendengar, maka itu bukan berita. Jangan menerbitkannya atau menyiarkannya seakan-akan itu berita.

Post a Comment for "Cara Mencari dan Mendapatkan Berita dalam Jurnalistik "