Koperasi MODERN Banyuwangi

Berbagi Fakta - Koperasi merupakan lembaga atau badan usaha yang didirikan dengan tujuan untuk mensejahterakan ekonomi rakyat dengan asas dasar kekeluargaan. Sebenarnya apa itu koperasi simpan pinjam? Maka dari itu, pada artikel ini saya akan membahas informasi menarik seputar koperasi simpan pinjam atau sering di singkat KSP.

Apa itu Koperasi Simpan Pinjam?

Koperasi simpan pinjam adalah lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan dengan kegiatan usaha yang berupa menerima simpanan maupun pinjaman. Dalam menjalankan usahanya, semua tipe koperasi memegang asas yang sama yaitu asas kekeluargaan. Hal ini ditunjukan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam melakukan usahanya, koperasi simpan pinjam memiliki modal yang berasal dari 2 sumber. Sumber pertama diperoleh dari simpanan anggota koperasi, baik yang bersifat simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela atupun hibah. Sumber kedua dapat diperoleh dari modal pinjaman kepada badan usaha atau koperasi lainnya.

Koperasi simpan pinjam juga memiliki prinsip dalam menjalankannya, diantaranya ialah bersifat terbuka dan sukarela, mandiri dan demokratis, serta hasil rapat anggota merupakan keputusan tertinggi dalam koperasi. Hal ini sejalan dengan asas koperasi yang bersifat kekeluargaan.

Kegiatan Usaha yang Dilakukan Koperasi Simpan Pinjam

Dalam Peraturan Pemerintah No.9 Tahun 1995 Pasal 19, dua kegiatan utama koperasi simpan pinjam yaitu menghimpun simpanan/tabungan berjangka koperasi serta memberikan pinjaman kepada anggota, calon anggota, ataupun koperasi lainnya.

Jadi dari uraian tersebut, koperasi simpan pinjam dapat dikatakan sebagai wadah penyimpanan tabungan untuk anggotanya. Selain itu simpanan di koperasi bisa dimanfaatkan sebagai tabungan berjangka. Jasa bunga simpanan juga akan diterima oleh para anggota yang melakukan simpanan di koperasi tersebut. Selain simpanan, koperasi juga dapat memberikan pinjaman ke para angotanya yang sedang membutuhkan dana.

Bunga pinjaman yang diberikan pun bersifat rendah dan terjangkau sehingga tidak akan memberatkan anggota koperasi itu sendiri. Hal ini sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian mereka dan mengubah taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik dan berkualitas.

Fungsi dan Tujuan Koperasi Simpan Pinjam

Seperti yang kita tahu, koperasi memiliki tujuan yang mulia. Tujuan koperasi simpan pinjam yaitu membantu mensejahterakan perekonomian rakyat dan memberikan kemudahan anggotanya dengan melakukan simpanan maupun pinjaman.

Dengan adanya koperasi simpan pinjam, diharapkan memudahkan bagi masyarakat untuk menyimpan tabungan atupun memperoleh pinjaman. Dengan itu, secara tidak langsung akan membawa pengaruh positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat. Selain memiliki tujuan, koperasi simpan pinjam juga memiliki fungsi yaitu memberikan prosedur yang mudah dan cepat dalam melakukan pinjaman.

Selain itu, bunga yang ditawarkan juga relatif rendah. Untuk para anggota, fungsi koperasi simpan pinjam yang dapat dirasakan yaitu sebagai wadah penyimpanan modal yang aman, disiplin menabung untuk masa depan, simpanan bersifat sukarela dan tidak memaksa, dapat mengajukan pinjaman, dan masih banyak lagi.

Koperasi MODERN Banyuwangi hadir sebagai koperasi simpan pinjam yang berfokus memberikan layanan terbaik untuk masyarakat terutama masyarakat Banyuwangi. Dengan menjadi anggota koperasi kami, maka anda dapat mengajukan pinjaman bersama koperasi Modern.

Bagaimana cara mengajukan pinjaman di Koperasi Modern?

Serahkan berkas persyaratan ke kantor KSP Modern atau bisa langsung menghubungi petugasnya di WhatsApp: 0822-3311-6727. Berkas persyaratan akan diperiksa dan diproses oleh petugas Koperasi modern.

Apa saja persyaratan pinjaman di koperasi Modern?

Persyaratan wajib serta dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman pada KSP Modern diantaranya yaitu:

Pinjaman dengan Jaminan BPKB Motor/BPKB Mobil:

  1. e-KTP Suami dan Istri (kalau belum menikah harus sama orang tua sebagai penjamin)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. STNK (pajak hidup)
  4. Buku Nikah (pinjaman diatas 5jt)

Pinjaman dengan Jaminan SHM/Sertifikat:

  1. e-KTP Suami dan Istri (kalau belum menikah harus sama orang tua sebagai penjamin)
  2. Kartu Keluarga(KK)
  3. Buku Nikah
  4. SPPT (Pipil pajak terbaru)

Jika pengajuan pinjaman tersebut disetujui, petugas Koperasi akan menghubungi anda. Setelah itu dana akan segera dicairkan.

Baca juga: Koperasi Simpan Pinjam Banyuwangi 

Pengajuan melalui kantor cabang terdekat atau bisa langsung menghubungi petugasnya di WhatsApp : 0822-3311-6727

Proses pengajuan pinjaman akan berlangsung cepat jika semua persyaratan dapat terpenuhi dan dana yang berhasil cair dapat digunakan untuk semua kebutuhan baik konsumtif atau produktif.

Selanjutnya, kamu hanya tinggal mengunjungi Koperasi Simpan Pinjam Modern Pekulo untuk mengajukan pinjaman dana yang beralamat di Dusun Pekulo RT/01 RW.03 Desa Kepundungan Kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi atau bisa Hubungi: (0822-3311-6727)

Post a Comment for "Koperasi MODERN Banyuwangi"