WaniPedes

INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) KECUP KELOR CELUP


BANYUWANGI –Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi, menggelar Kegiatan Innovative Government Award (IGA), Pemanfaatan Kelor yang di gunakan sebagai Teh Celup (KECUP) di Desa Kendalrejo adalah Masyarakat di sekitar dan Masyarakat yang mau membudidayakan Tanaman Kelor, Baik secara Intensif ataupun yang hanya di tanam di Batas Pagar, yang intinya masyarakat yang mau berupaya menambah pendapatan dari Budidaya dan pemanfaatan Tanaman Kelor. Sabtu. (06/07/2024

Kelor adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa oleifera, Daun Kelor banyak mengandung sumber protein, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, serta vitamin C, Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Hariyanto, Staf Kecamatan Tegaldlimo, saat di datangi Media WANIPEDES Menjelaskan “Daun kelor juga memberikan khasiat untuk kecantikan kulit. Daun ini mengandung protein dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Bahkan, daun kelor juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Untuk dijadikan perawatan kulit dan rambut, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai masker. JELASNYA. 




Tanaman Kelor dalam Mitos budaya jawa dulunya hanya di gunakan sebagai sarana Peluntur Ilmu kesaktian, ilmu kebal, yang menyebabkan bahwa orang yang memiliki Ilmu SAKTI kesulitan untuk Kembali Ke Rahmat Allah(meninggal), dengan Daun kelor yang di Minumkan juga Untuk campuran bahan mandi maka Ilmu- ilmu yang dimiliki orang tersebut akan hilang/ luntur.dan juga masih banyak mitos dari Budaya jawa, yang masih dipakai dan melekat sampai sekarang tentang kegunaan dari tanaman kelor untuk kegunaan hal hal mistis lainya. Tambahnya. 

Lepas dari Budaya Mistis yang melekat dari masyarakat, Masyarakat sudah banyak yang menggunakan daun kelor sebagai pelengkap hidangan untuk makanan sehari-hari, sebagai sayur bening dan juga bahan baku lainya, Keaneka ragaman budaya dari masyarakat beragam pula pemanfaatan daun kelor tersebut di fungsikan, dengan Tehnik dan penanganan yang baik maka Daun Kelur Tersebut bisa di gunakan untuk berbagai macam kegunaan dan manfaat.

Kegiatan Pemanfaatan Daun Kelor di Olah menjadi Serbuk untuk di jadikan minuman berupa serbuk yang siap saji, tinggal seduh berasal dari Dana Swadaya karena sudah merupakan Usaha Dagang/ UD dari beberapa Masyarakat yang berusaha untuk meningkatkan hasil usaha dan ekonomi mereka

Dalam proses kegiatannya UD Argapana menggunakan Alat Mesin untuk proses pengghalusan, serta pakingnya, untuk pengeringanya menggunakan bantuan sinar matahari serta nahan yang di gunakan menggunakan Daun Kelor yang di tanam di kebun, dan semoga bermanfaat. Pungkasnya. (BGN).

Post a Comment for "INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) KECUP KELOR CELUP"

Mediaku