WaniPedes

Betapa Dahsyatnya Surat Al Waqiah untuk Kesuksesan Bisnis dan Karir

Sebelum membicarakan lebih jauh keutamaan surat al-Waqiah, terlebih dahulu kita harus mengenal surat al-Waqiah itu sendiri. Dalam pewahyuannya surat al- Waqiah termasuk surat ke-56. Surat ini tergolong ke dalam surat Makkiyah yang terdiri dari 96 ayat. Surat al-Waqiah terletak pada juz ke-27.

Dinamakan al-Waqiah karena diambil dari lafal al-Waqiah yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yang artinya kiamat. Meski demikian, surat al-Waqiah tidak hanya memaparkan tentang yaumil akhir, tetapi juga hadiah bagi para umat muslim yang taat serta balasan bagi orang-orang kafir. Selain itu, surat al-Waqiah juga menerangkan tentang kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan diciptakannya manusia, tumbuh-tumbuhan, api, serta hari berbangkit.

Surat ini juga dikenal sebagai penarik rezeki. Jika ingin lancar rezekinya, maka amalkan surat al-Waqiah. Faedah membaca surat al-Waqiah dijelaskan dalam kitab Risalah al Nafi'ah, dimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Barangsiapa membaca surat al-Waqiah setiap malam, maka orang itu akan jauh dari kefakiran selamanya." (Sa'd al-Mufti bahwa Hadits ini shahih)
Surat al-Waqiah sesungguhnya menyimpan banyak manfaat bagi umat muslim yang bersedia mengamalkannya. Salah satunya adalah terkabulnya hajat yang berkaitan dengan rezeki.

Adapun capaian sebuah hajat akan terkabul, jika dilakukan secara ikhlas dan istiqomah. Hal ini sebagamana hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
Barangsiapa membaca surat al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. Dan surat al-Waqiah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu. (HR. Abu Ubaid, Al-Harits, Abu Ya'la, Ibnu Murdaweh dan al-Baihaqi)
Imam Ja'far dalam salah satu kitab berjudul Khazinatul Asrar Kubro, juga menjelaskan bahwa: Barangsiapa membaca surat al-Waqiah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari nafkah maka Allah Ta'ala mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barangsiapa menbaca surat al-Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali pada orang itu.

Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda yang artinya: Ajarkanlah kepada istri-istri kalian surat al-Waqiah, karena ia surat kekayaan.

Dengan demikian, jelaslah bahwa, selain mampu mendatangkan pahala dan ridha Allah Ta'ala, surat al-Waqiah juga bisa menjadi solusi bagi umat yang dilanda kesusahan. Allah Ta'ala senantiasa memberikan jalan keluar bagi hambanya yang berusaha.

Selain dengan bekerja keras, keluasaan rezeki akan lebih mudah diraih jika kita bisa berdoa kepada Allah Ta'ala, salah satunya adalah dengan mengamalkan surat al-Waqiah. Ingat, bekerja keras merupakan wujud usaha lahiriah sedangkan berdoa dengan mengamalkan surat al-Waqiah adalah usaha batin agar segala hajat yang kita panjatkan segera dikabulkan oleh Allah Ta'ala, yakni Dzat yang Maha Kaya.

Bekerja keras tanpa berdoa, itu ibarat kita menjadi manusia yang sombong. Kita congkak, bahwa kita tidak sadar jika yang memberikan rezeki kepada kita adalah Allah Ta'ala.

Begitupun sebaliknya, jika kita ingin kaya namun tidak mau bekerja dan hanya berpangku tangan, itu sama halnya kita ibarat keledai. Dengan kita tidak bekerja (berusaha), itu artinya kita juga tidak mensyukuri apa yang telah diberikan Allah Ta'ala. Sebab rezeki Allah itu harus dijemput, bukan berdiam diri mengharap rezeki datang sendiri, meskipun kita telah berdoa hingga mulut berbusa.

Perlu diketahui bahwa, Allah Ta'ala tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika ia tidak mau untuk mengubahnya sendiri. Karena itu, seimbangkan antara ibadah, amalan (doa) dan bekerja, insyaallah jika kita mampu, maka kita akan menjadi umat yang sangat beruntung.

Sebagian ulama berkata, "Barangsiapa membaca surah al-Waqiah pada setiap hari dan malam dalam satu kali duduk sebanyak 40 kali, selama 40 hari pula, maka Allah Ta'ala akan memudahkan rezekinya dengan tanpa kesukaran dan mengalir terus dari perbagai penjuru serta dikaruniai keberkahan pula."

Post a Comment for "Betapa Dahsyatnya Surat Al Waqiah untuk Kesuksesan Bisnis dan Karir"