WaniPedes

Pagelaran Banyuwangi Ethno Carnival BEC 2023 Menghibur Ribuan Pengunjung


 Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) adalah sebuah acara yang menghibur ribuan pengunjung dengan menampilkan adibusana yang memadukan lokalitas dan kreasi futuristik. Pagelaran BEC tahun 2023 ini mengusung tema "The Magic of Ijen Geopark" dan telah berhasil memadati jalanan sepanjang tiga kilometer.

Meskipun cuaca mendung dengan potensi hujan, antusiasme para pengunjung tetap tinggi untuk menyaksikan acara spektakuler ini yang masuk dalam Kalender Event Nasional (KEN) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. BEC merupakan bagian dari program Banyuwangi Rebound yang bertujuan untuk membangkitkan ekonomi dan merajut kebersamaan di antara semua stakeholder.

Perhelatan BEC kali ini sangat istimewa dibandingkan dengan edisi sebelumnya. Selain berlangsung selama sepekan penuh, acara ini didedikasikan untuk merayakan keberhasilan Banyuwangi dalam menjadikan Geopark Ijen sebagai bagian dari jejaring UNESCO Global Geopark.

Defile BEC mengambil inspirasi dari berbagai situs yang terdapat di kawasan Geopark Ijen, seperti Gunung Ijen, Alas Purwo, Air Terjun Lider, Pantai Sembulungan, Pantai Pulau Merah, Pantai Parang Ireng, dan Pantai Sukamade. Setiap defile menampilkan keunikan dan kekhasan masing-masing lokasi.

Defile Gunung Ijen menjadi sorotan dengan pilihan warna tosca yang merepresentasikan air kawah. Kombinasi warna tosca dengan aksen kuning menggambarkan keberadaan belerang yang melimpah di gunung tersebut, yang juga dikenal dengan keunikan api birunya.

Tidak hanya itu, setiap defile lainnya juga menonjolkan kekhasan dan daya tariknya. Misalnya, defile Sukamade menampilkan kostum penyu, sedangkan defile Alas Purwo menampilkan kostum banteng yang mencerminkan kekayaan alam hutan tersebut.

Desain adibusana pada BEC tahun ini terasa segar dan menarik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pengunjung pun merasa terkesan dengan kreativitas dan keunikan kostum yang ditampilkan.

Acara Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2023 tidak hanya memberikan hiburan kepada ribuan pengunjung, tetapi juga menjadi wadah untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Banyuwangi kepada dunia. Dengan perpaduan lokalitas dan kreasi futuristik, BEC berhasil menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang hadir.

Post a Comment for "Pagelaran Banyuwangi Ethno Carnival BEC 2023 Menghibur Ribuan Pengunjung"