Rahasia dan Keutamaan Surat An-Nisa dan Cara Mengamalkannya

 

Rahasia dan Keutamaan Surat AN-NISA

Surah An Nisa tergolong dalam surah Madaniyyah. Dinamakan An-Nisa (wanita) karena dalam surah ini banyak dibicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita. Surat An-Nisa’ termasuk surat terpanjang setelah surat Al-Baqarah dan surah an Nisa terdiri dari 176 ayat.

Fadhilah dan Khasiat surat An-Nisa’

Surat An-Nisa’ ternyata juga memiliki berbagai keutamaan dan khasiat, berikut penjelasannya:

  1. Surat An-Nisa’ adalah termasuk dalam tujuh surat pertama yang penghafalnya adalah orang-orang alim dan bertakwa sebagaimana yang telah berlaku di surat Al-Baqarah.
  2. Surat An-Nisa’ termasuk dalam As-Sab’uth-Thiwal sebagai pengganti taurat sebagaimana yang telah berlaku juga di surat Al-Baqarah.
  3. Surat An-Nisa’ termasuk Al-Matsani Ath-Thiwal untuk Rasulullah, sebagai penyeimbang Lauh Nabi Musa.
  4. Surat An-Nisa’ ayat 1 adalah salah satu ayat yang dibaca dalam khutbah hajat, selain Ali ‘Imran ayat 102 dan surat Al-Ahzab ayat 70-71.
  5. Surat An-Nisa’ bisa menjadi wasilah doa keamanan dari alam kubur. Amirul Mukminin telah berkata, “Barangsiapa yang membaca surat An-Nisa’ di setiap hari jumat, maka ia aman dari kubur.” (Tafsir Al-Asyasyi, Juz 1: 241)

Amalan agar terhindar dari kezaliman

Surat An-Nisa’ bisa dijadikan sebagai doa agar seseorang dapat terhindar dari segala kejahatan dan bentuk kezaliman. Dengan membacanya secara rutin, konsisten dan istiqomah, seseorang dapat terhindar dari segala kejahatan dan perbuatan zalim. Adapun caranya yaitu dengan membaca surat An-Nisa’ayat 75.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

وَمَا لَكُمْ لَا تُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاۤءِ وَالْوِلْدَانِ الَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ اَهْلُهَاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ نَصِيْرًا 

"Dan mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang yang lemah, baik laki-laki, perempuan, maupun anak-anak yang berdoa, "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu dan berilah kami penolong dari sisi-Mu." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 75)

Dicatat sebagai Orang yang Taat

Dalam kitab Fadha`il al-Qur`an karya Qasim bin Salam dijelaskan bahwa salah satu keutamaan mengamalkan surat an-Nisâ adalah akan dicatat oleh Allah sebagai orang yang taat kepada-Nya. Adapun cara pengamalannya adalah dengan membaca surat al-Baqarah, surat Âli 'Imrân, dan surat an-Nisâ secara berurutan. Insyaallah mustajab.

Doa untuk Menghilangkan Kejelekan

Selain mencegah dari kezaliman, surah An Nisa juga dapat menghapuskan kejelekan. Sebabnya adalah suatu hari pasca Perang Uhud, kaum muslimin sempat terpecah menjadi dua golongan dalam menghadapi orang-orang munafik. Maka Allah SWT lantas menurunkan ayat ke 88 An-Nisa yang berbunyi :

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

۞ فَمَا لَكُمْ فِى الْمُنٰفِقِيْنَ فِئَتَيْنِ وَاللّٰهُ اَرْكَسَهُمْ بِمَا كَسَبُوْا ۗ اَتُرِيْدُوْنَ اَنْ تَهْدُوْا مَنْ اَضَلَّ اللّٰهُ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ سَبِيْلًا 

"Maka mengapa kamu (terpecah) menjadi dua golongan dalam (menghadapi) orang-orang munafik, padahal Allah telah mengembalikan mereka (kepada kekafiran) disebabkan usaha mereka sendiri? Apakah kamu bermaksud memberi petunjuk kepada orang yang telah dibiarkan sesat oleh Allah? Barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah, kamu tidak akan mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) baginya." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 88)

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa makna dan tafsir dari ayat tersebut adalah Surat An Nisa ayat 88 tidak hanya sebagai pengingat bagi kaum muslimin saat itu, tetapi juga dapat menjadi pelipur lara hingga menghapus kejelekan. Salah seorang sahabat yakni Zaid RA berkata: 

"Ayat ini menjadi pelipur lara. Ayat ini juga dapat menghilangkan kejelekan sebagaimana api membersihkan karat besi."(Hadis Jami' At-Tirmidzi No. 2954).

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Âli'Imrân dan cara mengamalkannya 

Amalan untuk Melemahkan Orang yang Dzalim

Orang zalim adalah orang yang suka berbuat aniaya. Biasanya sifat orang dzalim terdapat di kalangan orang yang mempunyai kekuasaan, kedudukan atau pangkat yang tinggi. Mereka akan berbuat sesuka hati kepada orang yang dianggap lemah untuk mendapatkan keuntungan atau supaya kedudukan tetap kukuh.

Bila berhadapan dengan orang dzalim agar bebas dari kezalimannya maka ikutilah petunjuk sebagai berikut:

1. Dalam keadaan suci tulislah (Surat An-Nisaa' Ayat 148) pada sehelai kertas.

2. setelah itu baca ayat Surat (An-Nisaa' Ayat 148) tiga kali.

3. Kertas yang telah ditulis itu disimpan dalam bekas dan dibawa bersama bila berhadapan dengan orang dzalim.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

۞ لَا يُحِبُّ اللّٰهُ الْجَهْرَ بِالسُّوْۤءِ مِنَ الْقَوْلِ اِلَّا مَنْ ظُلِمَ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيْعًا عَلِيْمًا 

"Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 148)

Insya Allah akan bebas dari orang dzalim tersebut. Malah sebaliknya orang dzalim itu akan mengasihi, mungkin dapat memberi sesuatu pada anda.

Adapun manfaat lain dari surah an-nisa' ayat 148 adalah sebagai berikut:

Manfaat Surah An-Nisa' Untuk Pengobatan

Barang siapa yang mengamalkan Surah An-Nisa' pada ayat ke 148 maka dia akan memiliki kebarokahkan ditangannya, hanya dengan meniupkan pada sebuah air di dalam gelas dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dapat melindungi dan berfungsi sebagai penangkal berbagai penyakit yang mengancam dirinya. Demikianlah khasiat dan manfaat Surat An Nisaa' ayat 148.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Al-Baqarah dan Cara Mengamalkannya

Amalan agar Menang melawan musuh

Sekiranya anda mau kelihatan berwibawa di hadapan musuh, buatlah jimat seperti petunjuk berikut ini:

1. Berpuasalah pada hari Ahad dan dalam masa puasa itu tulislah (Surat An-Nisaa' Ayat 174-175).

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَكُمْ بُرْهَانٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكُمْ نُوْرًا مُّبِيْنًا 

"Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur'an)." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 174)

فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَاعْتَصَمُوْا بِهٖ فَسَيُدْخِلُهُمْ فِيْ رَحْمَةٍ مِّنْهُ وَفَضْلٍۙ وَّيَهْدِيْهِمْ اِلَيْهِ صِرَاطًا مُّسْتَقِيْمًاۗ 

"Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya, maka Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat dan karunia dari-Nya (surga), dan menunjukkan mereka jalan yang lurus kepada-Nya." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 175)

2. Menulis hendaklah dalam keadaan suci. Kertas yang ditulis itu hendaklah dibawa atau dipakai. Insya Allah, setiap musuh yang dihadapi akan bingung dan merasa gentar.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surah Al-Fatihah dan cara mengamalkannya

Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat surat An Nisa. semoga bisa bermanfaat dan barokah bagi kita semua.

Post a Comment for "Rahasia dan Keutamaan Surat An-Nisa dan Cara Mengamalkannya"