WaniPedes

Rahasia Keutamaan Surat ALI-IMRAN dan Cara Mengamalkannya


 KEUTAMAAN SURAT ÂLI IMRÂN

BERBAGIFAKTA.COM - Surat ÂLI IMRÂN merupakan surat ketiga dalam Alquran, surat ini termasuk surat madaniyah dan terdiri dari 200 ayat. Mari kita simak apa saja Keutamaan dari Surah ÂLI IMRÂN berikut ini.

Agar Mendapatkan kekuasaan

Dalam kitab al-Aufaq karya Hujjatul Islam Imam Ghazali dijelaskan bahwa ayat ke-26 dan ke-27 memiliki keutamaan sebagai perantara memohon kekuasaan kepada Allah. Bagi yang sudah memiliki kekuasaan, maka kekuasaanya akan senantiasa terjaga. Adapun cara pengamalannya sebagai berikut.

1. Baca shalawat dan salam 1 kali.

2. Baca ayat ke-26 dan ke-27 dari surat Âli 'Imrân berikut ini:

قُلِ اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

"Katakanlah (Muhammad), "Wahai Tuhan Pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 26)

تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ 

"Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 27)

3. Amalkan bacaan tersebut berulang kali dengan niat memohon kekuasaan. Insyaallah mustajab.

Agar Dijauhkan dari Hati yang Sesat

Didalam surat Ali Imran terdapat ayat yang dapat digunakan sebagai doa untuk memohon ketetapan hati, sehingga senantiasa berada dalam kebenaran dan jauh dari pikiran-pikiran negatif atau sesat. Berikut ini adalah ayat yang dimaksud:
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ 
"(Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 8)

Bagi yang ingin mengamalkan doa ini, caranya adalah membacanya setelah sholat fardhu, bacalah sebanyak-banyaknya atau semampunya setiap kali melakukan sholat fardhu. Insyaallah dengan berkah dan kemurahan Allah, hati kita akan tenang dan akan terjauh dari kesesatan.

Agar Dijauhkan dari siksa api Neraka dan Memohon Ampunan Allah

Dalam surah Ali 'imran terdapat dua ayat berisi doa yang dapat diamalkan untuk memohon ampunan dan memohon agar dijauhkannya dari siksa api neraka.
Berikut ini Doa yang dimaksud::
اَلَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اِنَّنَآ اٰمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِۚ 
"(Yaitu) orang-orang yang berdoa, "Ya Tuhan kami, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 16)
رَبَّنَآ اِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُّنَادِيْ لِلْاِيْمَانِ اَنْ اٰمِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَاٰمَنَّا ۖرَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْاَبْرَارِۚ 
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu," maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 193)

Agar Tidak Mendapat Kehinaan di Hari Kiamat

Di dalam surat Ali 'imran terdapat doa yang bisa diamalkan untuk memohon kepada Allah Swt. agar tidak mendapatkan kehinaan di hari kiamat kelak. Cara mengamalkanya adalah dengan membacanya setiap selesai sholat atau disetiap waktu-waktu mustajab.
Berikut ini adalah Doa yang dimaksud:
رَبَّنَا وَاٰتِنَا مَا وَعَدْتَّنَا عَلٰى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ اِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ 
"Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari Kiamat. Sungguh, Engkau tidak pernah mengingkari janji."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 194)

Memohon Kecukupan Rezeki dari Allah SWT

Jika Anda ingin mendapatkan rezeki yang cukup dari Allah SWT atau ingin mendapatkan pertolongan dalam setiap urusan atau masalah, atau bahkan ingin mendapatkan kasih sayang dari hamba Allah Swt. maka lakukanlah amalan ini yaitu amalan yang dikutip dari kitab as-Sirr al-Jalil Karya Syekh Imam Abu Al-Hasan asy-Syadzili berikut ini:
1. Setiap Ba'da Subuh dan Ba'da Magrib baca penggalan surah Ali 'imran ayat 173 sebanyak 450 kali.
حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ
"Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 173)
2. Sebelum membaca surat tersebut, kirim dahulu Surat Al-Fatihah kepada Rasulullah, keluarga beliau, para sahabatnya, dan kepada Syekh Abu al-Hasan asy-Syadzili.

Mendapatkan Perlindungan dari Allah Swt.

Supaya mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. Kita bisa mengamalkan penggalan surat dari Âli 'Imrân ayat 173, caranya adalah sebagai berikut:
1. Baca surah Al Fatihah untuk Rasullullah, untuk keluarganya, dan untuk para sahabatnya.
2. Baca Al Fatihah untuk Syekh Abu al-Hasan asy-Syadzili.
3. Kemudian Baca penggalan surah Âli 'Imrân ayat 173 sebanyak 450 kali.
حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ
"Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 173)
4. Selanjutnya Baca penggalan surah Âli 'Imrân ayat 174 sebanyak 6 kali.
فَانْقَلَبُوْا بِنِعْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ وَفَضْلٍ لَّمْ يَمْسَسْهُمْ سُوْۤءٌۙ 
"Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak ditimpa suatu bencana" (QS. Ali-'Imran 3: Ayat 174)
5. Kemudian, baca secara sempurna surah Âli 'Imrân ayat 174 sebanyak 1 kali.
فَانْقَلَبُوْا بِنِعْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ وَفَضْلٍ لَّمْ يَمْسَسْهُمْ سُوْۤءٌۙ وَّاتَّبَعُوْا رِضْوَانَ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ ذُوْ فَضْلٍ عَظِيْمٍ 
"Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak ditimpa suatu bencana dan mereka mengikuti keridaan Allah. Allah mempunyai karunia yang besar." (QS. Ali-'Imran 3: Ayat 174)

Insyaallah dengan mengamalkannya secara istiqamah amalan tersebut, kita akan mendapatkan perlindungan yang sangat sempurna dari Allah Swt. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kasih sayang dan belas kasih Allah SWT dalam setiap urusan kita, dan kita juga akan terhindar dari seluruh perkara yang menyakitkan lahir batin kita dengan izin Allah SWT.

Demikian yang dijelaskan dalam kitab as-Sirr al-Jalil fi Khawashi Hasbunallahu wa Ni'mal Wakil karya Syekh Imam Abu Al-Hasan asy-Syadzili.

Memohon Hajat dan Mempermudah setiap Urusan

Cara Pertama

Apabila kita seorang yang penuh dengan cita-cita, harapan, keinginan, dan kita sudah berusaha dan mengupayakannya dengan ikhtiar untuk tercapainya cita-cita atau hajat tersebut, tetapi kita masih merasa belum mendapatkan yang kita inginkan, maka ada baiknya jika kita mengamalkan amalan berikut ini.

Amalan ini dikutip dari kitab as-Sirr al-Jalil fi Khawashi Hasbunallahu wa Ni'mal Wakil karya Syekh Imam Abu Al-Hasan asy-Syadzili. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Baca amalan-amalan berikut ini secara istiqamah siang dan malam. Usahakan jangan sampai tertinggal sehari pun. 
Berikut bacaan amalan-amalannya:


Cara Kedua

Cara lainnya yang dapat diamalkan agar hajat dan cita-cita cepat tercapai adalah dengan membaca ayat ke-9 dari Surah Âli 'Imrân sebagai berikut ini:
رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ
"Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya." Sungguh, Allah tidak menyalahi janji."
(QS. Ali-'Imran 3: Ayat 9)

Cara membacanya dengan menghadirkan niat ikhlas lillahi ta'ala 15.000 kali, dalam salah satu riwayat 30.000 kali, dalam riwayat lainnya disebutkan 47.000 kali, dan setiap 100 kalo membaca doa berikut ini:

Bila ingin kekayaan, bisa diganti dengan doa dibawah ini:

Demikianlah yang dijelaskan dalam kitab Khazinatul Asrar dan dikatakan sangat mujarab.

Mendapatkan Kemuliaan, Kecukupan, dan Kekuatan dari Allah

Barang siapa ingin mendapatkan derajat mulia di mata makhluk dan di sisi Allah, ingin mendapatkan kecukupan hidup, kekuatan lahir batin, dan belas kasih Allah ketika mendapatkan cobaan hidup, maka ada baiknya mengamalkan amalan yang diambil dari kitab as-Sirr al-Jalil fi Khawashi Hasbunallahu wa Ni'mal Wakil karya Syekh Imam Abu al-Hasan asy-Syadzili berikut ini:
1. Berwudhulah dengan wudhu yang sempurna, kemudian dilanjutkan shalat sunah hajat 2 rakaat.
2. Setelah itu baca amalan berikut:
Dan..

Terhindar dari Sifat Munafik

Salah satu keutamaan mengamalkan surat Âli 'Imran adalah mendapatkan keselamatan dari sifat munafik. Adapun caranya dengan membaca surat al-Baqarah dan surat Ali 'Imrân dalam satu waktu. Insyaallah mustajab. Hal ini berdasarkan riwayat yang disebutkan dalam kitab Fadha'il al-Qur`an karya Qasim Salam berikut ini:

"Barang siapa yang membaca surat al-Baqarah dan Âli 'Imrân pada siang hari, Allah akan membebaskannya dari sifat munafik hingga sore, dan barang siapa membaca dua surat tersebut di malam hari, Allah akan membebaskannya dari sifat munafik hingga subuh."

Menenangkan Binatang yang Suka Berlarian

Salah satu keutamaan mengamalkan ayat-ayat dari surat Âli 'Imrân adalah untuk menghentikan binatang yang aktif berlari. Adapun Ayat yang dimaksud adalah ayat ke-83 dari surah Âli 'Imrân. Bacalah ayat itu pada telinga binatang tersebut insyaallah dengan izin dan kekuasaannya tidak akan lari. Berikut ayat yang dimaksud:
وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۗ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ 
"Dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji dari Bani Israil, "Janganlah kamu menyembah selain Allah dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat." Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari) kecuali sebagian kecil dari kamu dan kamu (masih menjadi) pembangkang." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 83)

Demikian dijelaskan dalam kitab Mujarrabat ad-Dairabi al-Kabir.

Post a Comment for "Rahasia Keutamaan Surat ALI-IMRAN dan Cara Mengamalkannya"