WaniPedes

Pemdes Sumberagung Gelar Bersih Desa Hingga Ruwatan Penangkal Tolak Balak


Banyuwangi - Wanipedes.id
 – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberagung sukses menyelenggarakan rangkaian acara bersih desa yang diakhiri dengan ritual ruwatan penangkal tolak balak. Acara yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Mei 2024 ini bertujuan untuk membersihkan desa secara spiritual dan fisik serta menjauhkan masyarakat dari segala marabahaya dan kesialan.

Ruwatan, yang dalam bahasa Jawa berarti "dilepas" atau "dibebaskan", merupakan ritual penyucian untuk membebaskan seseorang dari hukuman atau kutukan yang membawa sial atau bahaya. Ritual ini masih dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Jawa sebagai bentuk pelestarian tradisi dan budaya leluhur.

Dengan slogan "Banyak diam tapi kerja nyata, tidak banyak janji tapi bukti," Pemdes Sumberagung menunjukkan komitmennya dalam mengabdi kepada masyarakat. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Sumberagung, Vivin Agustin, beserta seluruh perangkat desa, staf desa, ibu-ibu PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perangkat RT/RW, dan ratusan warga desa. Acara puncak dilaksanakan di pendopo desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, pada hari Jumat, 24 Mei 2024.

Kepala Desa Sumberagung, Vivin Agustin, menjelaskan kepada awak media bahwa ritual ruwatan yang diadakan bertujuan untuk membuang sial dengan cara sedikit memotong rambut yang kemudian dilarung ke laut. “Tadi malam sebagai puncak acara bersih desa, kami menggelar pagelaran seni wayang kulit semalam suntuk untuk menghibur warga masyarakat desa,” ujar Vivin.

Vivin menambahkan bahwa rangkaian kegiatan bersih desa dimulai dengan tasyakuran dan doa bersama serta ziarah ke makam leluhur desa. Kegiatan dilanjutkan pada Kamis pagi dengan menggelar pengajian lintas agama yang melibatkan para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. Pada malam harinya, digelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk, dan ditutup dengan acara ruwatan pada hari Jumat.

Dengan selesainya acara bersih desa ini, Vivin berharap seluruh masyarakat desa selalu diberi kesehatan, dijauhkan dari segala bencana atau kesialan, diberikan rezeki yang melimpah, serta semakin kompak, guyub, dan rukun. “Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi kita semua,” pungkas Vivin.

Post a Comment for "Pemdes Sumberagung Gelar Bersih Desa Hingga Ruwatan Penangkal Tolak Balak"

Mediaku