Pengertian Open Source (Software Open Source)


Berbagi Fakta -- Pengertian Open Source – Software atau perangkat lunak merupakan bagian dari inti yang berperan penting pada sebuah komputer atau alat elektronik lainnya yang membutuhkan software untuk mengoperasikannya. Software erat kaitannya dengan yang namanya lisensi. Lisensi berguna untuk melindungi sebuah karya atau kekayaan intelektual sehingga karya seseorang menjadi lebih dihargai.
Ada beragam macam lisensi software, diantaranya: Free Software, Open Source, Freeware, Shareware dan masih ada lagi yang lainnya. Dari beberapa jenis lisensi tadi, yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah lisensi Open Source.
Pengertian Open Source (Software Open Source)

Pengertian Open Source

Pengertian Open Source adalah istilah yang digunakan pada sebuah software atau perangkat lunak yang bisa digunakan oleh siapa saja dengan membuka atau membebaskan source codenya (sumber kode program) sehingga dapat mengetahui dengan jelas cara kerja software tersebut, selain itu siapa saja dibebaskan untuk mengubah ataupun memperbaiki jika ditemukan kelemahan-kelemahan pada software tersebut.

Software Open Source merupakan buah dari rapat yang diprakarsai oleh Netscape, penggagas Software Open Source adalah Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya Richard Stallman pada tahun 1998. Software berbasis Open Source mulai menanjak popularitasnya setelah tahun 2004 ditandai dengan lahirnya Linux yang tidak lain adalah sebuah terobosan besar sebagai software sistem operasi open source dan gratis di tengah merajainya OS Windows yang mengusung lisensi close source.

Keberadaan software open source sangat bergantung pada internet, dengan begitu siapa dapat dengan mudah mendapatkan software open source untuk lalu digunakan, diperbaiki dan dikembangkan dan disebarluaskan kembali melalui internet, begitulah seterusnya. Pada mulanya kualitas software open source dinilai kurang baik dan terkesan asal-asalan, namun berkat banyaknya peminat software open source serta ditunjang dengan kemudahan untuk mendapatkannya maka software open source berkembang pesat menjadi lebih baik. Bahkan banyak sekali software open source saat ini yang penggunanya lebih banyak dibanding software berbayar. Sebagai contoh Apache+PHP+MySQL untuk aplikasi web server, WordPress untuk Content Management System dan masih ada lagi yang lainnya.

Perlu digarisbawahi open source yang bersifat bebas bukan berarti bebas sebebas-bebasnya, akan tetapi bebas disini adalah bebas untuk digunakan, dikembangkan, disebarkan ulang dengan mempertanggungjawabkan secara bersama dan tidak menghilangkan hak cipta pembuatnya. Inilah yang menjadi alasan software open source yang tersebar saat ini menjadi lebih berkualitas.

Software open source identik dengan software gratis, anggapan tersebut tidaklah salah. Namun pada beberapa kasus yang mengharuskan seseorang membayar untuk sebuah software open source. Biasanya harga yang harus dibayar ini adalah untuk biaya layanan, seperti biaya ganti copy CD, biaya instalasi, ataupun biaya pelatihan dan bukan untuk biaya lisensi atau kekayaan intelektual source code tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Software Open Source

  1. Software Open Source biasanya dikembahan oleh suatu lembaga atau komunitas yang ahli dibidangnya secara bersama-sama sehingga masalah yang ditemukan bisa dengan cepat diatasi.
  2. Fitur yang banyak dan kompleks begitupula dengan kemampuannya.
  3. Software Open Source berlisensi GPL (General Public Licence) sehingga pengguna tidak dikenakan biaya untuk software tersebut.

Kekurangan Software Open Source

  1. User interface yang cenderung rumit bagi user awam
  2. Tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan kinerja software berbayar.
  3. User awam sering menemui kesulitan dalam instalasi dan penggunaan software open source.

Contoh dan Perbandingan Software Open Source dan Software Berbayar

Sistem Operasi (OS)

  1. Open Source: Linux (debian, ubuntu, mint, slackware, backtrack, open suse)
  2. Software Berbayar: Windows (XP, Vista, Windows 7, Windows 8), MacOS
  3. Photo dan Image Editor
  4. Open Source: GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE

Software Berbayar:

  1. Adobe Photoshop
  2. Corel Draw
  3. Office Editor

Open Source: 

  1. LibreOffice
  2. OpenOffice

Software Berbayar: 

  1. KingOffice
  2. MsOffice (2003,2007, 2010, 2013)

Sistem Operasi Smartphone

Open Source: Android, Firefox OS
Software Berbayar: Windows Phone, iOS

Close Source

Close Source merupakan salah satu software perangkat lunak dipublikasikan tanpa kode sumber.

Secara umum, itu berarti hanya binari dari program komputer didistribusikan dan lisensi tidak memberikan akses ke program kode sumber . Kode sumber dari program tersebut dapat dianggap sebagai rahasia dagang perusahaan . Akses ke kode sumber oleh pihak ketiga umumnya memerlukan partai untuk menandatangani perjanjian non-disclosure.

    Pada umumnya program komputer memiliki lisensi atau Hak Cipta yang melindungi hasil ciptaan itu dari penggunaan yang tidak adil oleh orang lain. Namun kebanyakan lisensi yang ada sekarang ini khususnya untuk program komputer yang Close Source mencantumkan klausul-klausul yang menempatkan pembeli atau pengguna pada posisi yang sangat lemah.

Software dalam kategori ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian:

  • Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft Windows.
  • Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic, ASP, Pascal.
  • Web Browser, contoh : Internet Explorer
  • Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop, CorelDraw
  • Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh : Microsoft Office
  • Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS .
  • Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee .
  • Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderman .

Pengertian close source

Close source adalah kebalikan dari open source. Close source adalah suatu software yang kode sourcenya tidak dipublikasikan, contohnya adalah Microsoft Windows, (Bukan berarti closed source disini bahwa hanya Bill Gate saja yang tahu kode sumber dari OS Windows, dan hanya dia yang melakukan pengembangan sendirian sampai hari ini, namun kenapa masih dikatankan close soure? hal ini dikarenakan kode sourcenya tidak di publikasikan ke umum dan hanya diketahui oleh pegawai-pegawainya saja atau hanya kelompok tertentu saja yang tahu, yang dalam hal ini hanya pihak perusahaan Microsoft).

Keuntungan dan Kekurangan Close Source

1. Kelebihan Close Source

  • Linux gratis. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi.
  • Linux stabil.
  • Linux open source. source code yang disertakannya.
  • Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan standar protocol keamanan yang sangat aman.
  • Linux cepat dan jalan terus (keep on running), tidak harus restart saat selesai install aplikasi.
  • Banyak dukungan dan dokumentasi. Linux dan komunitasnya menyediakan milyaran dokumentasi (Readme, HOWTO, Guide, Manual, Info).
  • Linux menjunjung tinggi kemerdekaan tiap orang untuk berkreasi.
  • Bebas Virus. Linux itu merupakan like- Unix, dan Unix itu bebas virus. Mengapa bebas virus? Karena didalam system operasi Unix, setiapkali akan mengakses sistem, mengubah, menghapus, menambah bagian dari sistem, selalu diminta konfirmasi password, sedangkan virus tidak tahu password sistem kecuali pemilik sistem tersebut.
  • Linux mempunyai banyak pilihan. Kita bisa memilih Linux menurut selera kita, banyak sekali distro (perusahaan yang menyediakan sistem operasi Linux) yang ada dimuka bumi ini.
  • Tampilan Linux tidak lagi mengecewakan.

2. Kekurangan Close Source

  • Pengoperasiannya yang Sulit.
  • Linux mengeluarkan banyak Distro sehingga membuat user bingung.
  • Tidak ada Game Linux berkualitas sama dengan Game Windows.
  • Masih Minimnya Dukungan Hardware dan Driver.
  • Software Yang Digunakan Tidak Tersedia di Linux.
  • Tidak Ada Waktu Untuk Belajar.
  • Kurangnya sosialiasi.
  • Ketergantungan dengan sofware bajakan.
  • Tidak adanya dukungan resmi.
  • Sedikitnya buku/web tentang linux.

Perbandingan Software Pengembang

Software Close Source

a. Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain.

b. Kelebihan dan Kekurang Microsoft Word

Kelebihan : 

  1. Dapat mempublish tulisan ke blog.
  2. Dapat menggunakan equation untuk menulis rumus.
  3. Dapat digunakan untuk kepentingan kesekretariatan normal.
  4. Mudah memformat tulisan.

Kekurangan :

  1. Jika disimpan dengan tipe .docx tidak dapat dibuka di fersi di bawahnya.
  2. Tidak dapat menyimpan tulisan dengan tipe .pdf seperti save as biasa.
  3. Berat hanya dapat menyimpan dalam format yang telah ada (default), tidak dapat menyimpan dalam format yang dimiliki open offie (misal .odt).

Post a Comment for "Pengertian Open Source (Software Open Source)"