keunikan kunang kunang

Anda pasti pernah melihat kunang kunang atau yang sering di sebut firefly, tapi taukah anda bagaimana kunang kunang bisa memiliki cahaya ?

Bila kita memegang bola lampu maka tangan kita akan terasa sangat panas, itu karena hanya 5 persen saja energi yang terserat menjadi cahaya, sedang 95 persennya terbuang menjadi panas.

Lalu bagaimana kunang kunang bisa menahan panas dari cahaya yang ia hasilkan ? Kunang- kunang memang memiliki sistem yang menakjubkan. Serangga ini memiliki organ dalam tubuhnya yang memancarkan cahaya berpendar.

Apa fungsi cahaya itu ? Cahaya ini sangat penting bagi kelestarian jenisnya, sebab kunang-kunang betina dan jantan mengenali jenis kelamin masing-masing berdasarkan cahaya mereka.

Organ berpendar pada kunang- kunang terdiri atas tiga lapisan, persis seperti lampu depan mobil. Sel-sel yang menghasilkan cahaya berada pada lapisan paling bawah. Sel-sel ini bertugas menghasilkan zat yang mudah terbakar.

Zat ini bereaksi dengan oksigen dibawah kendali sebuah enzim. Akibat reaksi kimia ini, pertama-tama cahaya berpendar yang proses pembuatannya mirip seperti pada pabrik ini, diteruskan kelapisan cekung terdekat, dan kemudian ke lapisan transparan bagiana tas, dimana cahaya ini dipantulkan. 

Kunang-kunang yang menakjubkan ini sebenarnya menghasilkan cahaya tapi suhu pada kunang tetap normal ( tidak naik ) meskipun kunang- kunang menghasilkan cahaya hampir 20 kali lebih besar dari bola lampu, suhu kunang- kunang tidak naik karena cahaya mereka bersifat dingin.

Manusia hanya mampu membuat cahaya dingin dilaboratorium setelah melakukan serangkaian reaksi kimia dan cahaya yang mereka hasilkan adalah cahaya tanpa panas yang dinamakan Luminescence. 

Luminescence pada tubuh kunang-kunang dihasilkan oleh suatu zat bernama Luciferin. Nah, zat Luciferin ini bergabung dengan oksigen untuk mengeluarkan cahaya.

Post a Comment for "keunikan kunang kunang"