contoh application layer, OSI Layer

Contoh Application Layer.

Contoh application layer

Kali ini saya akan membahas mengenai lapisan yang sangat terkenal di dunia jaringan, namanya OSI Layer. Lapisan yang menjadi konsep dasar jaringan komputer dan saya akan membahas pada Application Layer.

Application Layer adalah Informasi yang melewati jaringan komputer dari satu komputer ke komputer yang lainnya tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui beberapa proses yang panjang yang melewati berbagai lapisan dari suatu jaringan komputer. Pertama-tama informasi dirubah menjadi data-data yang kemudian diolah kembali menjadi beberapa segmen. Dari segmen ini diolah lagi menjadi paket-paket yang kemudian menjadi bit. Bit-bit inilah yang nantinyadikirimmelalui media transmisijaringankomputerkekomputer lain untuk diprose sbalik menjadi informasi asal.


Application

Layer Application merupakan tempat dimana user atau pengguna berinteraksi dengan komputer. Layer ini sebenarnya hanya berperan ketika user membutuhkan akses ke network.
Sebagai contoh, kita dapat mengakses web browser tanpa adanya kartu jaringan atau komponen jaringan yang lain.

Tetapi keadaan menjadi kacau ketika kita mengakses file HTML dengan menggunakan HTTP karena browser harus memberikan respon terhadap permintaan dengan mengakses layer Application. Dengan kata lain, browser tidaklahberada di layer Application, tapiberfungsisebagai interface denganprotokol layer Application ketika browser membutuhkan sumberdaya remote. Selainitu layer Application bertanggung jawab terhadap keberadaan sumber komunikasi yang dituju serta menentukan apakah sumber day akomunikasi yang dituju tersedia.

Contoh: www (IE, Mozilla, Opera), e-mail gateway (SMTP, X.400), electronic data interchange (EDI), utility navigasi internet (Google, Yahoo!).

Post a Comment for "contoh application layer, OSI Layer"