WaniPedes

Cuaca Buruk di Banyuwangi Meningkatkan Debit Air Sungai dan Meningkatkan Kewaspadaan Warga

Banyuwangi - Cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir telah menyebabkan debit air sungai di wilayah Kabupaten Banyuwangi meningkat secara drastis. Salah satu sungai yang terkena dampak adalah Sungai di Garit, yang mengalir melalui Kecamatan Songgon, Singojuruh, dan Rogojampi sebelum bermuara di wilayah Blimbingsari, Banyuwangi.

Peningkatan debit air sungai tersebut secara jelas terlihat di Dam Garit yang terletak di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi pada Jumat (7/7/2023). Bahkan, sungai hampir meluap hingga mencapai bibir jembatan Garit.

Ini bukanlah kali pertama jembatan tersebut mengalami banjir. Sebelumnya, sungai Garit telah mengalami banjir yang serupa. Kondisi ini menjadi perhatian penting bagi warga setempat dan otoritas terkait.

Dalam upaya untuk mencegah air sungai meluap dan mencapai permukiman warga, Dinas Pengairan Banyuwangi telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Mereka telah menyiagakan sejumlah alat berat, seperti beko, yang ditempatkan di atas jembatan Garit. Tindakan ini diharapkan dapat mengurangi risiko banjir yang dapat membahayakan warga dan infrastruktur.

Petugas pemantauan secara rutin memonitor curah hujan dan tinggi debit air sungai di wilayah tersebut. Langkah ini penting untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Di samping itu, masyarakat juga diminta untuk tetap waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya banjir akibat peningkatan debit air sungai. Pemantauan terhadap sungai-sungai lainnya di sekitar Banyuwangi juga terus dilakukan guna mengantisipasi potensi banjir di wilayah tersebut.

Dalam situasi cuaca buruk seperti ini, kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan. Diharapkan dengan langkah-langkah pencegahan yang telah diambil, masyarakat dapat terhindar dari bencana banjir yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem ini. Pemerintah setempat juga diharapkan terus memantau kondisi cuaca dan sungai serta menyediakan bantuan yang diperlukan bagi warga yang terkena dampak banjir.

Kita semua berharap agar cuaca buruk segera berlalu dan kondisi normal dapat pulih kembali. Namun, sebagai masyarakat, penting bagi kita untuk tetap waspada dan siaga dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang dapat timbul akibat cuaca yang ekstrem.

Post a Comment for "Cuaca Buruk di Banyuwangi Meningkatkan Debit Air Sungai dan Meningkatkan Kewaspadaan Warga"