WaniPedes

Kemenhan Dilaporkan Ke KPK Terkait Isu Pengadaan Pesawat Mirage Dari Qatar


Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan melaporkan dugaan korupsi salah satu penyelenggara negara di Kementerian Pertahanan terkait pembelian pesawat jet tempur Mirage 2000-5 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (13/2/2024).


“Permintaan kami kepada KPK untuk memverifikasi lebih lanjut, terutama soal indikasi penerimaan kickback oleh seorang penyelenggara negara di Kementerian Pertahanan. Kemudian, kedua, ada indikasi kemahalan harga dalam pembelian pesawat Mirage 2000-5,” kata Kurnia Ramadhana, salah satu anggota koalisi.

Sebelumnya juga beredar berita hoaks bahwa Lembaga Antikorupsi Uni Eropa, The Group of States Against Corruption (GRECO) sedang memburu Prabowo atas kasus korupsi pembelian pesawat tempur Mirage dari Qatar.

“Jelas ini adalah hoaks dan fitnah,” kata Juru Bicara Kemhan Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu (10/2/2024). Menurut Dahnil, Kementerian Pertahanan sejak lama sudah membatalkan rencana pembelian 12 unit pesawat Mirage 2000-5 bekas dari Qatar. Dengan demikian, tentu tidak ada kontrak pembelian yang aktif.

Kemenlu AS juga menyatakan tidak pernah menerima permintaan atensi dari pihak yang namanya GRECO mengenai pembelian pesawat tempur Mirage oleh Pemerintah Indonesia.

“Ini sengaja diciptakan oleh orang-orang tertentu untuk menebar fitnah bagi Pak Prabowo dan Mas Gibran terkait dengan pemilihan yang akan dilakukan,” kata Dahnil.

sumber: Fakta Indo

Post a Comment for "Kemenhan Dilaporkan Ke KPK Terkait Isu Pengadaan Pesawat Mirage Dari Qatar"