Mengenal 33 Nama Surat Al-Fatihah

Al Fatihah
Surat al-Fatihah adalah surah pertama dalam Alquran. Surat ini diturunkan di Makkah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surat yang diturunkan dengan lengkap di antara surat-surat yang ada dalam Alquran.

Surat al-Fatihah adalah surat yang amat mashur, telah dikenal oleh seluruh kaum muslimin, namun banyak di antara kita tak mengetahui fadhilah, dan keutamaannya. Banyak sekali hadits yang menunjukkan keutamaannya, baik dari sisi kandungan atau kedudukannya di sisi Allah Ta'ala. Di antara fadhilah dan keutamaan surat al-Fatihah. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bersabda:
"Barangsiapa yang melakukan shalat, sedang ia tak membaca Ummul Qur'an (al-Fatihah) di dalamnya, maka shalatnya kurang (3X), tidak sempurna." Abu Hurairah ditanya: "Bagaimana kalau kami di belakang imam?" Beliau berkata: "Bacalah pada dirimu (yakni, secara sirr/pelan), karena sungguh aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: "Aku telah membagi Shalat (yakni, al-Fatihah) antara Aku dengan hamba-Ku setengah, dan hamba-Ku akan mendapatkan sesuatu yang ia minta." (HR. Muslim)
Adapun bacaan dalam surah al-Fatihah adalah sebagai berikut:
"(1) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (2) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (3) Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, (4) Yang menguasai hari pembalasan (5) Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan (6) Tunjukilah kami jalan yang lurus, (7) [yaitu] jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni'mat kepada mereka; bukan [jalan] mereka yang dimurkai [orang-orang yang mengetahui kebenaran dan meninggalkannya], dan bukan [pula jalan] mereka yang sesat [orang-orang yang meninggalkan kebenaran karena ketidaktahuan dan kejahilan]."

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Al-Fatihah dan Cara Mengamalkannya 

Dalam kitab Khazinatul-Asrar karangan Ustadz Muhammad Hakky an-Nazily, surat al-Fatihah memiliki 35 nama. Nama-nama, itu ada yang diambil dari berbagai hadits Nabi, dan ada pula nama yang ditetapkan oleh para sahabat dan para tabi'-tabi'in. Nama-nama tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Fatihatul Kitab yang artinya adalah pembukaan atau pembuka kitab. Adapun nama itu terdapat di dalam banyak hadits.
  2. Ummul Kitab yakni induk kitab. Nama ini juga terdapat di dalam banyak hadits. Ummul-Kitab diartikan bahwa surat al-Fatihah mengandung semua persoalan yang terdapat di dalam Alquran, yaitu ketuhanan, alam, akhirat, ibadat, dan sejarah-sejarah.
  3. Ummul Qur'an yang artinya induk Alquran. Nama ini juga terdapat dalam banyak hadits. Kenapa dinamakan Ummul Qur'an? Beberapa pendapat mengatakan di antaranya adalah surat al-Fatihah ini isinya dianggap sebagai ringkasan dari seluruh isi Alquran.
  4. Alquran al-Azhim yaitu bacaan agung. Nama ini juga terdapat dalam banyak hadits. Hal ini karena isi dalam surat al-Fatihah semuanya mengenai masalah-masalah yang amat besar dan agung.
  5. Assab'ul Matsany adalah tujuh yang berulang-ulang. Nama ini paling banyak disebut dalam hadits Nabi. Dinamakan tujuh karena memang terdiri 7 ayat, dan dikatakan berulang-ulang karena memang ayat-ayatnya dibaca berulang ulang, baik di luar shalat maupun di dalam shalat.
  6. Al-Wafi'ah artinya mencakup. Kenapa demikian? Karena isi dalam surat al-Fatihah mampu mencakup seluruh isi Alquran dan meliputi keterangan tentang Allah dan keterangan tentang manusia.
  7. Al-Waqiah adalah tameng. Nama ini diberikan oleh Yahya bin Abu Katsir, karena al-Fatihah dapat menamengi (menjaga) orang-orang yang membacanya dari berbagai bahaya dan penyakit. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: "Barang siapa yang membaca al-Fatihah dan ayat kursi di rumahnya, tidak dapat menimpa kepadanya penyakit 'Ain dari manusia atau jin dihari itu." (HR. ad-Dailamy).
  8. Al-Asas artinya sendi atau dasar. Dinamakan dengan nama ini, karena surat al-Fatihah dianggap sebagai dasar dari Alquran dan ayat bismillahirrahmaanir rahiim dianggap sebagai dasar dari al-Fatihah.
  9. Fatihatul-Qur'an yaitu pembuka Alquran. Hal ini karena letaknya di permulaan Alquran. Juga diartikan sebagai pintu masuk ke Alquran.
  10. Suratun-Nuur artinya surat cahaya. Karena surat ini banyak membawa penerangan kepada manusia.
  11. Suratul-Hamdi artinya adalah surat pujian. Karena isinya penuh dengan pujian kepada Allah Subahanahu wa Ta'ala.
  12. Suratus-Syukri ialah surat syukur. Karena isinya penuh dengan syukur kepada Allah Ta'ala.
  13. Suratul Hamdi Ula yang artinya surat pujian pertama.
  14. Suratul Hamdi Qashwa artinya adalah surat pujian terakhir.
  15. Suratur Ruqyah memiliki arti surat manţra atau obat. Karena dengan surat ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
  16. Suratus Syifa mempunyai makna surat yang mengandung kesembuhan.
  17. Suratus Syafiyah artinya adalah surat yang menyembuhkan.
  18. Suratus Shalah artinya surat yang dibaca setiap shalat.
  19. Suratud Doa yaitu surat yang berisi doa. Tiap kita membaca surat ini berarti kita berdoa.
  20. Suratut Thalab artinya surat berisi tuntunan (permintaan).
  21. Suratus Su'al memiliki arti surat yang berisi permintaan.
  22. Suratu Ta'limil Masalah yaitu adalah surat yang mengajarkan cara berdoa. Dimulai dengan memuji dan mengenangkan kebesaran Allah Ta'ala.
  23. Suratul Munajah yang artinya adalah surat yang berisi bisikan Allah Ta'ala.
  24. Suratut Tafwidh adalah surat yang berisi penyerahan diri kepada Allah Ta'ala.
  25. Suratul Mukafaah yaitu surat imbangan, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam sebagai imbangan terhadap harta benda orang lain.
  26. Afdhalu Suwaril Qur'an ialah surat yang terbaik di dalam Alquran.
  27. Akhiru Suwari Qur'an memiliki makna sebagai surat penutup dari Alquran.
  28. A'zhamu Suwaril Qur'an adalah surat terbesar dalam Alquran. Di dalam berbagai kitab tafsir.
  29. Suratul Minah (surat yang mengandung cita-cita).
  30. Suratul Mujziyah (surat yang memberi balasan).
  31. Suratul Munjiyah (surat yang dapat membebaskan manusia dari berbagai kesulitan).
  32. Suratus Tsaqalain (surat jin dan manusia).
  33. Suratul Majma'il Asma (surat yang mengandung nama-nama Allah Ta'ala).

Post a Comment for "Mengenal 33 Nama Surat Al-Fatihah "