Waktu Mustajab di Malam hari Agar Doa Diijabahi

 

Sesungguhnya malam hari merupakan momentum tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah. Dimana pada saat malam hari, Allah Ta'ala telah membuka pintu-pintu doa. Allah Ta'ala menurunkan malaikatnya turun ke bumi untuk melihat hamba-Nya yang berdoa dan bermunajat kepada-Nya.

Seseorang yang sudi meluangkan waktu tidurnya untuk bangun dan melaksanakan ibadah sunnah kemudian bermunajat kepada Allah Ta'ala, insyaallah Allah Ta'ala akan mengabulkan sega hajat yang diinginkan oleh seseorang tersebut. Ingat! Diantara doa mustajab adalah doa di sepertiga malam terakhir. Meski demikian, tak jarang seseorang justru lebih suka mengabaikannya dan memilih untuk tetap meringkuk di atas lipatan selimut, bantal dan kasur.

Cobalah kita bertekad kuat untuk mendapatkan waktu tersebut. Meskipun mata enggan untuk terbuka, paksalah diri untuk terjaga dan segera menunaikan ibadah malam.

Sepertiga malam terakhir ini biasanya adalah saat mendekati waktu subuh. Saat-saat itulah waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah Ta'ala.

Menanggapi hal tersebut, sebuah hadits riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud, at-Turmudzi, dan an-Nasa'i disebutkan bahwa ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya oleh para sahabat tentang waktu yang paling mustajab, Rasulullah menjawab, “Diakhir-akhir malam."

Dalam Hadis yang lain, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda:

"Setiap malam Allah Ta'ala turun ke langit dunia hingga pertigaan malam terkhir (mendekati subuh) kemudian Allah Ta'ala berfirman: barang siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, barang siapa yang memohon kepada-Ku maka akan Aku beri, dan barang siapa yang meminta ampunan-Ku maka akan Aku ampuni." (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, at-Turmudzi, dan an-Nasa'i)

Dari Jabir bin 'Abdillah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim)

Berdasarkan pemaparan hadits-hadits di atas, menunjukkan bahwa hendaknya seorang muslim harus benar-benar memperhatikan waktu yang disebutkan di atas dengan ia bersiap-siap sebelum masuk sepertiga malam terakhir. Sudah sepatutnya, kita bergegas diri menghadap kepada Allah, sebab waktu sepertiga malam merupakan waktu yang mustajab untuk kita bermunajat.

Post a Comment for "Waktu Mustajab di Malam hari Agar Doa Diijabahi"