WaniPedes

Gagal Input Token Listrik? Begini Solusinya

BERBAGIFAKTA.COM, Sekarang Listrik Tidak hanya menggunakan metode pascabayar yang dilakukan setiap akhir bulan saja, kini pembayaran token listrik juga bisa dilakukan dengan cara prabayar. Istilah ini juga dikenal dengan token listrik yang dapat dibeli sesuai kebutuhan anda.

Dalam mempergunakan metode ini, para pengguna akan mendapatkan banyak sekali kemudahan. Di antaranya adalah mengendalikan pemakaian listrik , tidak adanya denda ataupun keterlambatan pembayaran dan pemutusan listrik, karena pembelian dapat disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan tanpa pencatatan meter, tidak ada masa aktif kWh, dan privasi anda tidak terganggu.

Namun, keunggulan yang ditawarkan oleh metode prabayar ini tidak luput dari kesalahan dan sering mengakibatkan gangguan. Hal ini juga akan merugikan pelanggan yang sudah menerapkan metode tersebut. Kendala teknis yang sering menghadapi pengguna ketika menggunakan metode prabayar yaitu gagal dalam pengisian token listrik.

Banyak penyebab yang mempengaruhi hal ini. Pertama, bisa diakibatkan oleh errornya server PLN. Setiap meteran PLN digital memiliki nomor ID dan nomor meteran yang terhubung dengan server PLN. Jika pengisian gagal, sebaiknya gunakan metode ini menunggu perbaikan yang dilakukan pihak PLN hingga servernya normal.

Selain itu pengguna juga harus teliti ketika menuliskan nomor ID dan nomor meteran saat membayar token. Hal ini sering terjadi sehingga saldo token tidak masuk ke dalam data ID PLN yang dimiliki oleh pengguna.

Ketika salah memasukkan ID token listrik bisa mengakibatkan meteran token listrik gagal terisi. Bahkan, input token listrik terus gagal meski sudah membeli token baru. Kejadian ini memuat pelanggan gusar karena listrik bisa padam sewaktu-waktu jika tidak segera diisi tokenya. Sementara, pelanggan juga takut token yang sudah dibeli tidak bisa dipakai lagi.

Contohnya seperti yang dialami oleh bapak Untung Sabtu (13/08/2022) Di Desa Gendoh Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi.

Kendala tersebut langsung segera menghubungi layanan PLN lewat aplikasi PLN MOBILE, Pungkasnya.

Untuk mengatasi pengisian token gagal input, pengguna bisa menggunakan key change token dengan cara pergi ke meteran, lalu input key change token yang telah diberikan oleh pihak PLN. Hal ini bertujuan untuk me-reset meteran jika terjadi kesalahan input. Setelah menunggu beberapa saat setelah meteran di-reset , masukkan kembali nomor token PLN di meteran dan token tersebut akan bisa di input.

Berikut langkah pengaduan melalui PLN Moblie:

Jika belum memiliki aplikasi ini, maka bisa unduh aplikasi PLN Mobile di Google App ataupun App Store

Setelah terpasang, buka aplikasi, kemudian klik menu "Pengaduan" di halaman depan aplikasi

Pilih jenis pengaduan "Keluhan kWh Meter Pasca dan Prabayar".


Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang mengalami gangguan. Anda dapat memasukkan ID milik sendiri atau nomor meter milik pelanggan lain yang mengalami gangguan.

Jika Anda tidak mengetahui nomor ID pelanggan, cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik "Konfirmasi".

Selanjutnya, Anda akan mendapat nomor pengaduan dan tinggal menunggu petugas PLN setempat menghubungi.

Baca juga: Token Listrik Gagal Terisi? Beginilah Solusinya

Setelah itu anda akan di hubungi oleh pihak PLN, kemudian pihak PLN akan memberikan key change token..

Post a Comment for "Gagal Input Token Listrik? Begini Solusinya"