WaniPedes

Manfaat sholat dhuha untuk rezeki

 

Berbagifakta.com - Waktu Duha adalah waktu yang baik untuk memohon rezeki kepada Allah Swt.. Bahkan secara khusus Allah menjadikan salat Duha sebagai sholat memohon rezeki. Lebih khusus lagi, telah dijelaskan dalam Alquran tentang keistimewaan waktu sholat Duha ini.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ 

wa wajadaka 'a'ilan fa agnā

Artinya: "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan."

(QS. Ad-Duha 93: Ayat 8)

Ayat di atas memberitahu kita, bahwa sesungguhnya kita adalah makhluk atau hamba yang kekurangan, sehingga Allah memberi berbagai rezeki kepada kita, sehingga kita merasa kecukupan. Ayat ini sekaligus menegaskan kembali, bahwa hanyalah Allah yang memberi rezeki kepada kita.

Oleh sebab itu, bagi siapa saja yang salat Duha, yaitu waktu di mana matahari baru sejengkal, Allah akan mencukupkan rezekinya dari pagi hingga sore hari. Hal ini disabdakan oleh Nabi Muhammad saw :

Wahai anak Adam jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat Duha, karena dengan salat tersebut Aku (Allah) cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya. (HR. Hakim dan Thabrani)

Pada kalimat "Aku (Allah) cukupkan kebutuhanmu" dalam hadis di atas, Imam As Sindi menjelaskan ada beberapa tafsir maknanya yang mendekati, yaitu:

  1. Aku cukupi dirimu, sehingga terhindar dari kecelakaan dan segala musibah;
  2. Aku cukupi dirimu dengan diberikan penjagaan dari dosa dan ampunan terhadap perbuatan dosa yang dilakukan di hari itu; dan
  3. Aku cukupi dirimu dalam segala hal.

Adanya salat Duha ini sebenarnya memberikan keuntungan bagi kita. Bagaimana tidak, salat ini secara khusus didesain untuk memohon rezeki, bahkan doa dari salat ini sangatlah dahsyat.

"... Jika ada rezeki di langit, maka turunkanlah, jika ada rezeki di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika ada rezeki jauh, maka dekatkanlah, jika ada rezeki yang sulit, maka mudahkanlah, jika ada rezeki haram, maka halalkanlah..."

Dari doa tersebut, seolah tidak ada celah kita memohon kepada Allah dari mana saja datangnya rezeki. Selain itu, rezeki (halal) di waktu Duha cenderung akan berkah. (Ibnu Qayyim r.a. berkata)

Dan 4 hal yang mendatangkan rezeki: qiyamullail, banyak istigfar di awal pagi, menepati janji, zikir di awal hari, dan di akhirnya. Dan empat hal yang menghalangi rezeki yaitu tidur di waktu pagi, sedikit salat, kemalasan, dan berkhianat.

Keistimewaan lainnya dari waktu Duha ini yaitu diampuninya dosa-dosa siapa saja yang melakukan salat Duha. Sebagaimana Nabi Muhammad saw. bersabda:

Barang siapa yang masih berdiam diri di masjid, atau tempat salatnya setelah subuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat Duha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni, meskipun banyaknya melebihi buih di lautan. (HR. Abu Daud)

Begitulah kelebihan waktu Duha, namun banyak orang yang melalaikan salat ini, karena hanya dianggap sebagai sholat Sunnah saja. Padahal, hal-hal yang disunahkan merupakan penyempurna ibadah wajib. Karena hanya dianggap sunah itu, orang tidak menjadikannya sebagai prioritas. Orang yang sudah sibuk dengan pekerjaannya akan lebih memilih salatnya, orang yang sibuk dengan kegiatannya di rumah akan tetap melanjutkan kegiatannya tersebut.

Karena jarangnya orang yang mau melakukan salat Duha tersebut, maka salat ini memberikan manfaat dan menyimpan rahasia yang sangat luar biasa. Maka, rugilah orang-orang yang tidak mau memanfaatkan waktu ini untuk salat dua atau empat rakaat saja, padahal balasannya sungguh melebihi apa yang dikerjakannya.

Baca juga: Dosa Orang yang Meninggalkan Sholat 

Salat Duha merupakan pintu sekaligus cara yang ditunjukkan oleh Allah Swt. untuk meraih rezeki. Pintu itu tidak akan dimanfaatkan oleh para pemalas. Namun bagi orang-orang yang memiliki ketebalan iman, salat Duha tidak akan hanya dijadikan sebagai waktu untuk memohon rezeki, namun juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Post a Comment for "Manfaat sholat dhuha untuk rezeki"