WaniPedes

Khasiat Ayat Kursi

 

Ayat kursi
Suatu ketika, Nabi Muhammad Shallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada sahabat yang artinya:

"Wahai ahli-ahli Alquran, janganlah kalian menggunakan Alquran sebagai bantal. Dan bacalah Alquran dengan sebenar-benarnya bacaan pada malam dan siang hari. Sebarkanlah ia. Bacalah dengan suara yang merdu dan pikirkanlah isi kandungannya. Mudah-mudahan kalian beruntung. Janganlah kalian meminta disegerakan upahnya (di dunia), karena ia mempunyai ganjaran (di akhirat.)" (HR. Baihaqi)

Bagi seorang muslim, Alquran (termasuk ayat kursi di dalamnya) bukan sekedar ayat biasa. Kedudukannya menjadi pedoman dan petunjuk hidup.

Isinya bukan hanya menyangkut hubungan individu dan masyarakat, tetapi juga menyangkut komunitas dunia. Sayangnya, banyak kaum muslimin hanya menganggapnya sebagai bacaan seperti buku-buku umum, bahkan terkesan membosankan.

Alquran adalah petunjuk bagi manusia. Alquran juga memilki fungsi lainnya. Seperti kita tahu bahwa ayat dalam Alquran memiliki makna dan kaidah tersendiri serta memiliki manfaat yang lekat pada kehidupan kita sehari-hari seperti khasiat lebah, Allah Ta'ala berfirman dalam Alquran:

68: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia."

69: Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan (QS. an-Nahl: 68-69)

Dari ayat tersebut saja, kita bisa memahami bagaimana Allah menciptakan lebah dan olehnya diberikan rahmat kepada manusia, agar kita bisa memikirkan dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Begitu juga dengan ayat kursi tentu juga banyak memiliki khasiat-khasiat yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini beberapa khasiat dan fadhilah dari ayat kursi:

  1. Barang siapa yang membaca ayat kursi secara istiqomah setiap kali selesai shalat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk rumah atau ke pasar, insyaallah akan diamankan dari godaan syetan dan kejahatan yang kejam. Selain itu, ia dan keluarga, beserta hartanya akan terpelihara.
  2. Untuk menghilangkan dahak. Terlalu banyak dahak dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit, terutama sakit kepala, seperti pusing pusing dan lain-lain. Nah, ayat kursi memiliki khasiat untuk menyembuhkan dahak.

Untuk itu perlulah mengamalkan ayat kursi guna menghilangkan dahak tersebut. Caranya ambil 7 gelintir garam putih. Lalu bacakanlah dari setiap gelintir garam itu 7 kali ayat kursi. Jadi jumlah bacaanya menjadi 49 kali. Setelah itu dilakukan, maka kulumlah garam yang telah diberi bacaan ayat kursi itu setiap hari 1 gelintir sehingga genap 7 hari.

Insyaallah setelah selesai 7 hari semua dahak akan hilang dan sembuh dari gangguan sesak nafas, kepala pusing dan lain-lain yang disebabkan oleh banyak dahak.

  1. Terdapat keterangan dalam kitab Assarul Mufidah, yang menjelaskan bahwa barang siapa yang mengamalkan ayat kursi sebanyak 18 kali, insyaallah ia akan memiliki iman (ketauhidan) yang kuat. Dimudahkan rezekinya, dinaikkan martabatnya, diberikan kepadanya pengaruh sehingga orang selalu segan kepadanya, diperlihara dari segala bencana dengan izin Allah Ta'ala.
  2. Salah seorang ulama Hindi mendengar dari salah seorang guru besarnya dari Abi Lababah radhiyallahu 'anhu, membaca ayat kursi sebanyak anggota sujud (7 kali) setiap hari, maka ada benteng pertahanan Rasulallah Shallallahu'alaihi wa sallam.
  3. Syeikh Abul 'Abas al-Bunni menerangkan, "Barang siapa membaca ayat kursi sebanyak 50 kali, kemudian ditiupkan pada air hujan, inysyaallah Allah mencerdaskan akalnya dan memudahkan faham pada pelajaran yang dipelajari.
  4. Barang siapa yang membaca ayat kursi selepas shalat fardhu, Allah Ta'ala akan mengampuni segala dosanya. Adapaun membacanya ketika hendak tidur, maka ia akan terpelihara dari gangguan syetan.
  5. Syeikh al-Buni menerangkan bahwa seseorang yang membaca ayat kursi sebanyak 170 huruf, insyaallah, Tuhan akan memberi pertolongan dalam segala hal dan menunaikan segala hajatnya, dan melapangkan pikirannya, diluluskan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan diberikan apa yang dituntutnya.
  6. Barang siapa membaca ayat kursi ketika hendak tidur, maka Allah Ta'ala akan mewakilkan dua malaikat yang menjaga selama tidurnya sampai pagi.
  7. Abdurahman bin 'Auf menerangkan bahwa, apabila ia masuk ke rumah, ia membaca ayat kursi pada empat penjuru rumahnya dan mengharapkan dengan itu menjadi penjaga dan pelindung syetan.
  8. Syeikh al-Buni juga menerangkan seseorang yang takut terhadap serangan musuh hendaklah ia membuat garis lingkaran dengan isyarat napas sambil membaca ayat kursi. Kemudian ia masuk bersama jamaahnya ke dalam garis lingkaran tersebut menghadap ke arah musuh. Sambil membaca ayat kursi sebanyak 50 kali, atau sebanyak 170 kali, insyaallah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan memudharatkannya.
  9. Syeikul Kabir Muhyiddin Ibnul Arabi menerangkan bahwa seseorang yang membaca ayat kursi sebayak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka ia akan memiliki pengaruh besar terhadap orang lain. (Dari kitab Khawasul Qur'an)
  10. Barang siapa membaca ayat kursi sebelum keluar rumah, maka Allah Ta'ala mengutuskan 70.000 malaikat kepadanya mereka semua memohon ampunan dan mendoakan baginya.
  11. Barang siapa membaca ayat kursi di akhir tiap-tiap shalat fardhu, Allah Ta'ala menganugerahkan dia setiap hati orang yang bersyukur, setiap perbuatan orang yang benar, pahala nabi, serta Allah melimpahkan rahmat padanya.
  12. Barang siapa membaca ayat kursi di akhir sembahyang, Allah Ta'ala akan mengendalikan pengambilan rohnya dan dia adalah seperti orang yang berperang bersama Nabi Allah, sehingga mati syahid.
  13. Barang siapa yang membaca ayat kursi ketika dalam kesempitan niscaya Allah Ta'ala berkenan memberi pertolongan kepadanya.
  14. Ayat kursi yang dibaca dengan penuh khusyuk, insyaallah akan menyebabkan syetan dan jin terbakar.
  15. Jika Anda berpindah ke rumah baru, maka pada malam pertama Anda menduduki rumah itu sebaiknya Anda membaca ayat kursi 100 kali, insyaallah Anda sekeluarga terhindar daripada gangguan lahir dan batin.

Post a Comment for "Khasiat Ayat Kursi "