Tadabbur Al Fatihah

Tadabbur Al Fatihah
Tadabbur Surat Al-Fatihah

Berbagi Fakta - Fadhil ZA memaparkan bahwa tadabbur al-Fatihah merupakan sebuah ikhtiar dalam menghayati kandungan surat al-Fatihah secara khusuk. Tujuannya agar tercapai kontak batin dengan Allah Swt sang penguasa alam semesta.

Dengan tadabbur al-Fatihah, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala lebih intim. Pada saat itulah, kita bisa mengajukan berbagai permohonan serta hajat kebutuhan kita kepada Allah SWT Termasuk untuk kelancaran bisnis, kemudahan dalam karir serta kesuksesan dalam hidup, serta juga urusan jodoh.

Dengan tadabbur al-Fatihah, kita bisa mohon kepada Allah Ta'ala untuk mengatasi berbagai masalah yang hadir dihadapan kita. Seperti dimudahkan rezeki, dimudahkan mendapat jodoh, menyembuhkan berbagai penyakit, dan masih banyak lagi.

Tadabbur al-Fatihah bisa dilakukan setelah selesai shalat wajib atau sunnah. Tadabbur dibaca setelah membaca surat al-Fatihah dan dilakukan penghayatan arti yang bisa dimengerti oleh yang bersangkutan. Usahakan membaca tadabbur dengan tekanan suara yang lembut dan meresap ke dalam jiwa.

Berikut ini adalah cara mentadabburi surah al-Fatihah:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang." (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 1)

Tadabbur: Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu yang maha pengasih, penuh cinta kasih. Dengan menyebut nama-Mu yang maha penyayang penuh kasih sayang. Kami mohon limpahan rahmat dan kasih sayang-Mu ya Allah. Jadikan kami sekeluarga dalam naungan kasih sayang-Mu ya Allah. Beri kami rasa aman nyaman dan tentram dalam naungan kasih-Mu ya Allah. Jangan kau jadikan kami hidup dalam kekalutan, kesempitan dan tekanan hidup yang menghimpit. Lapangkan hidup kami dengan limpahan rohmat, berkah dan kasih sayang-Mu, ya Allah. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan doa ya Allah.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ 

Artinya: "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam." (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 2)

Pelajari Khasiat dan Manfaat Surat al-Fatihah

Tadabbur: Segala puji bagi-Mu ya Allah, Tuhan yang berkuasa penuh disegala penjuru langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu ya Allah, penguasa alam semesta raya. Segala puji bagi-Mu ya Allah, yang telah menempatkan kami di bumi ini, yang telah menjadikan bagi kami berbagai sumber penghidupan, yang telah mencukupkan semua hajat dan kebutuhan kami.

Segala puji bagi-Mu ya Allah yang telah menurunkan hujan dari langit, yang menumbuhkan berbagai tumbuh-tumbuhan, sayur mayur dan buah-buahan untuk keperluan kami. Segala puji bagi-Mu ya Allah yang telah mengadakan bagi kami gedung gedung yang tinggi, jalan yang terhampar luas, kendaraan yang mengangkut kami kemana saja yang kami suka. Tolong kami untuk mensyukuri semua nikmat yang telah kau berikan kepada kami ini ya Allah. Jangan Kau jadikan kami orang yang kufur tidak tahu berterima kasih pada-Mu. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Alllah.

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ 

Artinya: "Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang." (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 3)

Tadabbur: Ya Allah Engkau yang maha pengasih penuh cinta kasih, Engkau yang maha penyayang penuh kasih sayang. Kami mohon pada-Mu jadikan rumah tangga kami dalam naungan kasih sayang-Mu. Jadikan kami sekeluarga dalam naungan cinta kasih-Mu. Lapangkan hidup kami dengan rezeki berlimpah dari langit dan bumi-Mu, cukupkan semua hajat kebutuhan kami ya Allah. Bebaskan kami dari tekanan hidup dan kesulitan ekonomi yang menghimpit kami ya Allah.

Ya Allah yang maha pengasih penuh cinta kasih, yang maha penyayang penuh kasih sayang. Rahmat dan kasih-Mu meliputi seluruh alam semesta. Jadikan kami sekeluarga dalam naungan rahmat-Mu. Lapangkan hidup kami selapang lapangnya. Keluarkan kami dari kesulitan hidup yang menghimpit ini ya Allah.. Perkenankanlah permohonan kami ini, Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan doa.

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ 

Artinya: "Pemilik hari pembalasan." (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 4)

Tadabbur: Ya Allah Engkaulah Raja yang berkuasa penuh di hari berbangkit. Engkaulah penguasa tunggal di hari itu. Dihari yang tiada berguna harta dan anak anak, di hari yang tiada menolong sanak famili, di hari yang tiada berguna pangkat dan jabatan. Tidak ada tempat berlindung di hari itu selain lindungan-Mu, tidak ada tempat bernaung di hari itu selain naungan-Mu.

Jangan kau hinakan kami di hari itu ya Allah, jadikan kami dalam naungan dan lindungan-Mu. Ampuni semua dosa dan kesalahan kami di hari itu ya Allah. Tempatkan kami pada tempat yang mulia di sisi-Mu ya Allah. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan doa.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ 

Artinya: "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 5)

Tadabbur: Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan. Engkaulah Tuhan kami, tidak ada yang kami sembah selain Engkau. Hanya pada-Mu kami rukuk dan sujud. Hanya pada-Mu kami mengabdikan seluruh hidup kami. Hanya pada-Mu kami mohon pertolongan dan perlindungan. Engkaulah tempat kami menggantungkan harapan kami.

Tolong kami menghadapi berbagai masalah yang hadir di hadapan kami. Beri kami rezeki berlimpah dari langit dan bumi-Mu, cukupkan semua hajat kebutuhan kami. Bebaskan kami dari kesulitan dan tekanan ekonomi yang menghimpit. Beri kami kemampuan melunasi semua hutang kami ya Allah.

Tolong kami dengan kekayaan-Mu yang berlimpah di langit dan bumi. Engkau maha kaya dan maha terpuji. Engkau maha kuat untuk menolong hamba hamba-Mu. Tolong kami dengan kekuatan yang dahsyat dari sisi-Mu. Engkaulah tempat kami mengadu dan menggantungkan semua harapan kami. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ 

Artinya: "Tunjukilah kami jalan yang lurus," (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 6)

Tadabbur: Ya Allah, tunjuki kami jalan yang lurus, jalan yang penuh dengan rohmat dan berkah-Mu. Tunjuki kami sekeluarga jalan yang lurus yaitu jalan yang penuh dengan rahmat dan berkah-Mu. Bimbing kami, tuntun kami menempuh jalan-Mu yang lurus ya Allah.

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ 

Artinya: "(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS. Al-Fatihah 1: Ayat 7)

Tadabbur: Yaitu jalan orang orang yang telah mendapat nikmat dari-Mu, bukan jalan orang yang Kau murkai dan bukan pula jalan orang yang sesat. Ya Allah Tunjuki kami jalan yang lurus, jalan yang ditempuh oleh para nabi, para rasul, para sholihin, para shodiqin.

Bukan jalan orang yang Kau murkai dan bukan pula jalan orang yang sesat. Bukan jalan orang yang maksiat dan bergelimang dosa. Bukan jalan orang yang kufur dan terus menerus menentang-Mu. Tunjuki kami jalan yang lurus dan penuh dengan rahmat dan berkah-Mu ya Allah. Tunjuki kami jalan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang hadir di hadapan kami. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik- baik yang memperkenankan doa.

Bacalah kalimat tadabbur tersebut dengan bersungguh-sungguh dan penuh dengan penghayatan. Jika timbul dorongan untuk menangis jangan ditahan. Lepaskan semua tekanan yang menghimpit tersebut, curahkan semua keluhan hanya pada Allah SWT yang hidup dan maha mendengar.

Demikianlah contoh tadabbur surat al-Fatihah untuk berbagai keperluan. Silahkan bisa menyusun sendiri kalimat-kalimat tadabbur untuk keperluan lainnya dengan merubah kalimat pada ayat 3, 6 dan 7 sesuai keperluan dan kebutuhan.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Al-Fatihah dan Cara Mengamalkannya

Energi dan kekuatan tadabbur al-Fatihah ini bukan terletak pada bacaan ayat atau suratnya tapi pada kemampuan kita menghayati bacaan tadabbur tersebut. Bacaan ini tidak ada artinya jika kita membaca atau mendengarkannya tanpa menghayatinya.

Post a Comment for "Tadabbur Al Fatihah "