WaniPedes

Khasiat dan Manfaat Surat Al-Fatihah

 

Al Qur'an
Sebagai surat yang paling istimewa, al-Fatihah sesungguhnya memiliki banyak khasiat dan fadhilah yang dalam kehidupan bisa kita petik dan bisa kita terapkan sehari-hari. Berikut ini akan dipaparkan beberapa khasiat dan fadhilah dari surat al-Fatihah:

1. Memperoleh Ilmu Hikmah

Sebagai ummul qur'an, kandungan yang terdapat dalam surat al-Fatihah memiliki khasiat untuk mendatangkan ilmu hikmah. Barang siapa yang membaca surat al-Fatihah dalam keadaan berwudhu sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari, kemudian ditiupkan pada air yang suci lalu diminum, maka insyaallah, ia akan memperoleh ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari pikiran yang negatif (kotor).

Ilmu hikmah adalah suatu amalan spiritual yang berupa ayat Alquran, doa-doa tertentu, hizib maupun bacaan shalawat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan membersihkan jiwa dari berbagai penyakit hati. Ilmu hikmah bisa dipelajari dengan amalan berupa dzikir, tabarruk, membersihkan hati, bersikap bijaksana atau riyadhoh.

Ilmu Hikmah banyak sekali manfaatnya, mencakup segala urusan dunia dan akhirat. Ilmu hikmah bisa untuk menyelesaikan berbagai macam masalah kehidupan, membantu kita kuat dalam mengarungi kehidupan yang penuh cobaan. Sarana untuk memohon perlindungan kepada Allah Ta'ala, mempermudah jalan usaha (rezeki), memperbaiki perilaku (akhlak), menerangi hati yang gelap menjadi terang, dan sebagai sarana mendapatkan ridha Allah Ta'ala.

Merujuk pendapat Imam al-Jurjani rahimahullah, makna al-Hikmah secara bahasa artinya ilmu yang disertai amal (perbuatan). Atau perkataan yang logis dan bersih dari kesia-siaan. Orang yang ahli ilmu hikmah disebut al-Hakim, bentuk jamaknya adalah al-Hukama. Yaitu orang-orang yang perkataan dan perbuatannya sesuai dengan sunnah Rasulullah.

2. Terkabulnya Hajat

Seseorang yang memiliki hajat (keinginan sesuatu) selain bisa melaksanakan shalat hajat, maka untuk terkabulnya sebuah hajat seorang muslim juga bisa merealisasikan hajatnya tersebut dengan mengamalkan surat al-Fatihah. Diriwayatkan dari Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi di dalam kitab Qaddasallaahusirrahu:

"Siapa yang punya maksud maka sebaiknya ia membaca surat al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis sembahyang Maghrib dan sunahnya, selesai itu ia ajukan permohonan hajatnya kepada Allah Ta'ala."

Barang siapa yang membaca al-Fatihah hendak tidur, surah al-Ikhlas sebanyak 3 kali dan mu'awwidzatain, maka ia akan aman dari segala hal selain ajal. Adapun seseorang yang berhajat (berkeinginan sesuatu) kepada Allah Ta'ala, maka akan dipenuhi keperluan (hajatnya).

3. Obat Dari Berbagai Persoalan

Barangsiapa membaca Fatihah berserta bismillah di antara shalat sunnah subuh dan fardhu subuh dengan istiqomah, maka jika ia menginginkan pangkat, terkabullah permohonannya. Jika seseorang tersebut punya hutang, maka ia akan mampu untuk melunasinya. Adapun ia sakit, maka akan sembuh. Sedang jika ia punya anak, maka anaknya itu menjadi anak yang saleh, berkat surah al-Fatihah dan tentunya atas izin Allah Ta'ala

4. Mempermudah Meraih Cita-Cita

Khasiat dari surat al-Fatihah lainnya adalah untuk membantu meraih cita-cita. Barangsiapa mengamalkan bacaan al-Fatihah selesai sembahyang fardhu lima waktu. maka Allah Ta'ala akan mengabulkan cita-cita yang diharapkan.

5. Membuka Pintu Rezeki

Khasiat al-Fatihah adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Di mana jika seseorang bersedia mengamalkan bacaan al-Fatihah di waktu sahur (sepertiga malam), maka Allah Ta'ala akan membukakan pintu rezeki baginya. Sertailah dengan do'a berikut ini:

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, supaya Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu, kurnia-Mu dan rezeki-Mu. Dan Engkau mudahkan setiap urusanku, murahkanlah bagiku rezeki-Mu yang banyak lagi berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah, sesungguhnya Engkau berkuasa atas setiap sesuatu. Aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surat al-Fatihah dan rahasianya, berikan apa yang kuhajati..

6. Menyembuhkan Penyakit

Surat al-Fatihah bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata, sakit gigi, sakit perut dan lain-lainnya. Tentunya semua itu dengan izin Allah Ta'ala. Baca surat al-Fatihah sebanyak 40x pada tempat berisi air, lalu air itu diusap-usapkan pada kedua belah tangan, kedua belah kaki, muka, kepala dan seluruh badan, lalu diminum. Insyaallah atas izin Allah Ta'ala segala penyakit akan sembuh total.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Al-Fatihah dan Cara Mengamalkannya

7. Menghilangkan Sifat lupa

Khasiat lainnya dari surat al-Fatihah adalah untuk membantu menghilangkan sifat pelupa. Apabila Anda merasa sering lupa, maka bacaan agung surat al-Fatihah ini bisa membantu Anda untuk tidak menjadi pelupa.

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Surat Al-Fatihah "