Keutamaan Surat AL-An'Am dan Cara Mengamalkannya

 Keutamaan Surat AL-AN'AM

keutamaan surat al-An'âm
BERBAGI FAKTA - Surah Al-An'am termasuk pada golongan surah Makkiyah, karena hampir seluruh ayat surah ini diturunkan di kota Mekkah sebelum hijrah, Surah ini terdiri atas 165 ayat dan surah ke-6 dalam al-Qur'an.
Dinamakan AL-AN'AM yang artinya hewan ternak, karena dalam surat tersebut disebutkan tentang hewan ternak, dimana dalam kisahnya hewan ternak oleh kaum musyrik dijadikan hewan yang dimulyakan bahkan disembah.

Dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah Saw bersabda:

“Surat al an’am diturunkan bersama iring-iringan malaikat yang menutupi arah barat dan timur sambil mengucapkan tasbih sehingga menutupi bumi. Dan Rasululloh Saw pun mengucap maha suci tuhanku yang maha agung 3x.

Surat al-an’am tidak diturunkan secara berangsur-angsur seperti surat-surat lainya, namun surat Al An’am diturunkan sekaligus.

Ayat ini memiliki keutamaan atau manfaat yang sangat besar bagi kehidupan orang yang mengamalkannya. Dari kitab Khazinatul Asrar dan kitab Syamsul A’immah mengupas beberapa manfaatnya sebagai berikut:

  • Bila ingin urusan rizkinya gampang, maka bacalah ayat ini 7 kali setiap hari.
  • Bila ingin selamat dari berbagai fitnah, maka bacalah ayat ini dalam sehari semalam sebanyak 9 kali.
  • Bila hendak melamar seorang wanita, maka perbanyaklah membaca ayat ini tiap malam sebanyak 7 hari.
  • Bila ingin meminta hujan, maka bacalah ayat ini 300 kali di dalam masjid. Insyaallah segera diberi hujan.
  • Bila ingin kuat berjalan, baca ayat ini sambil berjalan.
  • Bila ingin disayang atau disenangi orang, baca 70 kali pada malam hari lalu lakukan puasa satu hari. Insyaallah akan disenangi semua orang.
  • Bila ingin aman dan selamat dari berbagai macam bencana, maka bacalah ayat ini pada air yang berada di mangkuk atau piring berwarna putih, lalu minumkan pada orang yang dikehendaki, insyaallah aman dan selamat dari berbagai musibah.

Adapun Rahasia Keutamaan dan Cara Mengamalkannya adalah sebagai berikut ini:

Didoakan 70.000 Malaikat

Surat al-An'am merupakan salah satu surat mulia dalam al-Quran. Kandungan surat al an'am Dalam riwayat dijelaskan, surat ini diturunkan sekaligus. Ketika surat ini diturunkan, sebanyak 70.000 malaikat ikut turun mengiringinya. Dengan kata lain, surat al-An'am memiliki keagungan dan kisah tersendiri. Selain itu, surat ini juga sangat baik apabila diamalkan dan dibaca secara istikamah oleh para hamba Allah yang senantiasa mengharapkan cinta, pertolongan, dan kedekatan kepada-Nya.

Adapun salah satu keutamaan mengamalkan surat al-An'am adalah akan didoakan oleh 70.000 malaikat yang sedikit pun tidak pernah berbuat dosa dan maksiat kepada Allah. Cara pengamalannya adalah dengan membacanya dari ayat pertama hingga ayat terakhir secara istikamah. Insyaallah dengan izin Allah Swt amalan ini sangat mustajab.

Baca juga: Keutamaan Surat An-Nisa dan Cara Mengamalkannya

manfaat surat al an'am ayat 1-3

Mendapatkan perlindungan Allah Swt dan pengakuan dari hambanya

Salah satu keutamaan mengamalkan surat al-An'âm adalah mendapatkan perlindungan sempurna dari Allah dan mendapatkan pengakuan sebagai hamba-Nya kelak di Hari Kiamat, di hari tiada naungan kecuali naungan-Nya. Cara pengamalannya adalah dengan membaca ayat pertama sampai ayat ketiga dari surat al-An'âm ketika masuk waktu subuh. Berikut ayat-ayat yang dimaksud:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمٰتِ وَالنُّوْرَ ەۗ ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ 

"Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan menjadikan gelap dan terang, namun demikian orang-orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu." (QS. Al-An'am 6: Ayat 1)

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ طِيْنٍ ثُمَّ قَضٰٓى اَجَلًا ۗوَاَجَلٌ مُّسَمًّى عِنْدَهٗ ثُمَّ اَنْتُمْ تَمْتَرُوْنَ 

"Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian Dia menetapkan ajal (kematianmu), dan batas waktu tertentu yang hanya diketahui oleh-Nya. Namun demikian kamu masih meragukannya." (QS. Al-An'am 6: Ayat 2)

وَهُوَ اللّٰهُ فِى السَّمٰوٰتِ وَفِى الْاَرْضِۗ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُوْنَ 

"Dan Dialah Allah (yang disembah), di langit atau pun di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan dan mengetahui (pula) apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-An'am 6: Ayat 3)

Dalam sebuah riwayat yang dikutip dalam kitab Khazinatul Asrar dijelaskan sebagai berikut.

"Barang siapa membaca tiga ayat pertama dari surat al-An'âm hingga sampai pada firman 'taksibun' ketika pagi menjelang, maka Allah mewakilkan 70.000 malaikat yang akan menjaganya dan amal-amalnya akan ditulis hingga Hari Kiamat. Akan turun pula malaikat dari langit ketujuh membawa tongkat dari besi. Setiap kali setan berkeinginan untuk meletakkan keburukan, malaikat tersebut akan memukulnya dengan tongkat yang dibawanya itu dan Allah akan membentangkan 70.000 hijab antara dirinya (si pengamal) dan setan. Maka apabila datang Hari Kiamat, Allah berfirman kepadanya, "Wahai anak Adam, berjalanlah di bawah naungan-Ku dan makanlah buah-buahan surgaku dan minumlah air dari telaga Kautsar dan mandilah dari air telaga Salsabil. Engkau adalah hamba-Ku dan aku adalah Tuhanmu. Tiada hisab juga azab atasmu. (Dikutip dari kitab Khazinatul Asrar)

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Âli'Imrân dan Cara Mengamalkannya

Mendapatkan Ampunan Allah

Salah satu keutamaan mengamalkan surat al-An'âm adalah untuk mendapatkan ampunan Allah. Dalam kitab ad-Durr an-Nazhim fi Khawash al-Qur`an al-'Azhim disebutkan sebuah riwayat berikut:

Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa membaca surat al-An'am dan tidak memutusnya dengan suatu perkataan, maka Allah akan mengampuni apa yang telah lalu dari amal perbuatannya."

Mendapatkan Keamanan Allah dari Rasa Takut dan Musibah Sakit


Salah satu keutamaan mengamalkan surat al-An'âm adalah untuk mendapatkan keamanan Allah dari rasa takut dan musibah sakit. Cara pengamalannya sebagai berikut.

  1. Setelah wudhu lakukan shalat sunah hajat dua rakaat.
  2. Pada tiap rakaat setelah membaca al-Fâtihah membaca surat al-An’âm.

Insyaallah mustajab. Demikian dijelaskan oleh Imam al-Yafi'i dalam kitab ad-Durr an-Nazhim fi Khawash al-Qur'an al-Azhim.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Al-Baqarah dan Cara Mengamalkannya

Agar Hajat Diijabah Allah

Apabila Anda memiliki suatu hajat dan berharap agar hajat itu segera tercapai, maka lakukanlah amalan berikut ini:

1. Bacalah asma Ya Lathif sebanyak 6.000 kali.

2. Kemudian, lanjutkan membaca ayat ke-63 dan ke-64 dari surat al-An'âm berikut ini 70 kali.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

قُلْ مَنْ يُّنَجِّيْكُمْ مِّنْ ظُلُمٰتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُوْنَهٗ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۚ لَىِٕنْ اَنْجٰىنَا مِنْ هٰذِهٖ لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ 

"Katakanlah (Muhammad), "Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, ketika kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah hati dan dengan suara yang lembut?" (Dengan mengatakan), "Sekiranya Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur." (QS. Al-An'am 6: Ayat 63)

قُلِ اللّٰهُ يُنَجِّيْكُمْ مِّنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ ثُمَّ اَنْتُمْ تُشْرِكُوْنَ 

"Katakanlah (Muhammad), "Allah yang menyelamatkan kamu dari bencana itu dan dari segala macam kesusahan, namun kemudian kamu (kembali) menyekutukan-Nya." (QS. Al-An'am 6: Ayat 64)

3. Kemudian berdoa sesuai yang dihajatkan.

Insyaallah mujarab. Demikian dijelaskan dalam kitab Mujarrabat ad-Dairabi al-Kabir mengenai salah satu keistimewaan mengamalkan surat al-An'âm.

cara mengamalkan surat al an'am ayat 103

Surat Al AN AM untuk Kekayaan

Apabila diwirid/dibaca sebanyak 8x setiap hari, dijauhkan dari fitnah serta dimudahkan dalam mencari rejeki.

khodam surat al an 'am 103

Apabila ingin terhindar dari segala fitnah, baca 9x di waktu siang dan malam hari.

surat al an 'am untuk jodoh

Apabila ingin dicintai wanita atau pria (lawan jenis), baca sebanyak 100x selama tujuh malam berturut-turut. Insyaallah mustajab.

tata cara mengamalkan surat al an 'am ayat 103

Apabila ingin kuat dalam perjalanan dan selamat sampai tujuan, baca 3x dengan tidak bernafas pada gula kelapa, lalu dimakan.

fadhilah surat al an'am ayat 103

Apabila ingin terhindar dari kemarahan musuh, baca 70x diwaktu malam, isya Allah musuh akan sadar dan menyesal.

IJAZAH surat Al AN am ayat 103

Apabila ingin selamat dan terhindar dari ilmu sihir dan guna-guna, baca 60x pada gelas, piring, atau apa saja yang berwarna putih dan bersih lalu airnya diminum, insya Allah akan terhindar dari guna-guna dan ilmu sihir.

Baca juga : Rahasia Keutamaan Surat Al-Fatihah dan Cara Mengamalkannya

Itulah keutamaan surat al-An'âm ayat 103 jika ayat ini dibaca secara istiqomah, insyaallah semua hajat akan dikabulkan Allah SWT.

Post a Comment for "Keutamaan Surat AL-An'Am dan Cara Mengamalkannya"