Keutamaan Surat Yusuf dan Cara Mengamalkannya

Keutamaan Surat Yusuf 

 Keutamaan Surat Yusuf

Berbagi Fakta - Surat Yusuf merupakan Surah ke-12 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 111 ayat dan tergolong dalam surah Makkiyah. Surah ini dinamakan surat Yusuf karena surat ini mengisahkan tentang riwayat Nabi Yusuf.

Adapun di antara keutamaan atau cara mengamalkan dari surat Surat Yusuf adalah sebagai berikut:

Surat Yusuf untuk Mengobati Penyakit Mata

Inilah salah satu dari keistimewaan surat Yusuf adalah sebagai wasilah untuk mengobati penyakit mata, ada beberapa ayat dari surah yusuf untuk memohon kesembuhan sakit mata. adapun wasilah untuk memohon kesembuhan sakit mata ada dalam ayat ke-93.

Cara Mengamalkannya adalah sebagai berikut:
Yang pertama bacalah doa berikut ini.
من يوسف الصديق إلى يعقوب الشفيق
Kemudian dilanjutkan membaca surat yusuf ayat 93, adapun bacaannya sebagai berikut ini:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

اِذْهَبُوْا بِقَمِيْصِيْ هٰذَا فَاَلْقُوْهُ عَلٰى وَجْهِ اَبِيْ يَأْتِ بَصِيْرًا ۚوَأْتُوْنِيْ بِاَهْلِكُمْ اَجْمَعِيْنَ ࣖ 
"Pergilah kamu dengan membawa bajuku ini, lalu usapkan ke wajah ayahku, nanti dia akan melihat kembali; dan bawalah seluruh keluargamu kepadaku." (QS. Yusuf 12: Ayat 93)

Setelah itu lanjutkan membaca surat an-Najm ayat 17, adapun bacaannya sebagai berikut ini:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغٰى 
"penglihatannya (Muhammad) tidak menyimpang dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya." (QS. An-Najm 53: Ayat 17)

Lanjutkanlah dengan membaca shalawat nabi sebanyak 3 kali.
وصلى الله على سيدنا محمد و آله وصحبه وسلم

Surat Yusuf untuk ibu hamil

Adapun manfaat lain dari surah yusuf adalah untuk seorang ibu yang sedang hamil. Nabi Yusuf dikisahkan seorang utusan Allah SWT yang berparas sangat tampan. Akan tetapi ketampanannya tersebut tidak melanggar perintah Allah SWT. Dalam surat Yusuf, dia bermimpi melihat 11 bintang, bulan, dan matahari bersujud kepada nabi Yusuf. 

Nah, adapun manfaatnya membaca surat yusuf adalah agar calon anak tersebut menjadi lelaki yang sholeh, berwajah tampan rupawan dan akan berahlak seperti Nabi Yusuf As. Adapun jika calon anak adalah perempuan maka bacalah Surat Maryam untuk ibu hamil Niscaya anak perempuan terlahir cantik, adapun amalannya adalah membaca surat maryam untuk ibu hamil ayat 16-26.

Adapun cara mengamalkan Surat Yusuf ayat 1-16 adalah sebagai berikut:

Bacalah surat Yusuf ayat 1-16 secara istiqamah, bacalah setiap hari dan tanamkan dalam hati untuk memohon ridho Allah Swt. bacaan surat yusuf ayat 1-16 adalah sebagai berikut ini:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

الۤرٰ ۗ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۗ 
"Alif Lam Ra. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al-Qur'an) yang jelas." (QS. Yusuf 12: Ayat 1)

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ 
"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Qur'an berbahasa Arab, agar kamu mengerti." (QS. Yusuf 12: Ayat 2)

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ 
"Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur'an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui."
(QS. Yusuf 12: Ayat 3)

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ 
"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai Ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (QS. Yusuf 12: Ayat 4)

قَالَ يٰبُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُءْيَاكَ عَلٰٓى اِخْوَتِكَ فَيَكِيْدُوْا لَكَ كَيْدًا ۗاِنَّ الشَّيْطٰنَ لِلْاِنْسَانِ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ 
"Dia (ayahnya) berkata, "Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasakan)mu. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia." (QS. Yusuf 12: Ayat 5)

وَكَذٰلِكَ يَجْتَبِيْكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِ وَيُتِمُّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكَ وَعَلٰٓى اٰلِ يَعْقُوْبَ كَمَآ اَتَمَّهَا عَلٰٓى اَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْحٰقَۗ اِنَّ رَبَّكَ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ ࣖ 
"Dan demikianlah, Tuhan memilih engkau (untuk menjadi nabi) dan mengajarkan kepadamu sebagian dari takwil mimpi dan menyempurnakan (nikmat-Nya) kepadamu dan kepada keluarga Ya'qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada kedua orang kakekmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishaq. Sungguh, Tuhanmu Maha Mengetahui, Mahabijaksana." (QS. Yusuf 12: Ayat 6)

۞ لَقَدْ كَانَ فِيْ يُوْسُفَ وَاِخْوَتِهٖٓ اٰيٰتٌ لِّلسَّاۤىِٕلِيْنَ 
"Sungguh, dalam (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang bertanya." (QS. Yusuf 12: Ayat 7)

اِذْ قَالُوْا لَيُوْسُفُ وَاَخُوْهُ اَحَبُّ اِلٰٓى اَبِيْنَا مِنَّا وَنَحْنُ عُصْبَةٌ  ۗاِنَّ اَبَانَا لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍۙ 
"Ketika mereka berkata, "Sesungguhnya Yusuf dan saudaranya (Bunyamin) lebih dicintai ayah daripada kita, padahal kita adalah satu golongan (yang kuat). Sungguh, ayah kita dalam kekeliruan yang nyata," (QS. Yusuf 12: Ayat 8)

ۨاقْتُلُوْا يُوْسُفَ اَوِ اطْرَحُوْهُ اَرْضًا يَّخْلُ لَكُمْ وَجْهُ اَبِيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا مِنْۢ بَعْدِهٖ قَوْمًا صٰلِحِيْنَ 
"bunuhlah Yusuf atau buanglah dia ke suatu tempat agar perhatian ayah tertumpah kepadamu, dan setelah itu kamu menjadi orang yang baik." (QS. Yusuf 12: Ayat 9)

قَالَ قَاۤئِلٌ مِّنْهُمْ لَا تَقْتُلُوْا يُوْسُفَ وَاَلْقُوْهُ فِيْ غَيٰبَتِ الْجُبِّ يَلْتَقِطْهُ بَعْضُ السَّيَّارَةِ اِنْ كُنْتُمْ فٰعِلِيْنَ 
"Seorang di antara mereka berkata, "Janganlah kamu membunuh Yusuf, tetapi masukkan saja dia ke dasar sumur agar dia dipungut oleh sebagian musafir, jika kamu hendak berbuat." (QS. Yusuf 12: Ayat 10)

قَالُوْا يٰٓاَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَنَّ۫ا عَلٰى يُوْسُفَ وَاِنَّا لَهٗ لَنٰصِحُوْنَ 
"Mereka berkata, "Wahai Ayah kami! Mengapa engkau tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami semua menginginkan kebaikan baginya." (QS. Yusuf 12: Ayat 11)

اَرْسِلْهُ مَعَنَا غَدًا يَّرْتَعْ وَيَلْعَبْ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰفِظُوْنَ 
"Biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia bersenang-senang dan bermain-main, dan kami pasti menjaganya." (QS. Yusuf 12: Ayat 12)

قَالَ اِنِّيْ لَيَحْزُنُنِيْٓ اَنْ تَذْهَبُوْا بِهٖ وَاَخَافُ اَنْ يَّأْكُلَهُ الذِّئْبُ وَاَنْتُمْ عَنْهُ غٰفِلُوْنَ 
"Dia (Ya'qub) berkata, "Sesungguhnya kepergian kamu bersama dia (Yusuf) sangat menyedihkanku dan aku khawatir dia dimakan serigala, sedang kamu lengah darinya." (QS. Yusuf 12: Ayat 13)

قَالُوْا لَىِٕنْ اَكَلَهُ الذِّئْبُ وَنَحْنُ عُصْبَةٌ اِنَّآ اِذًا لَّخٰسِرُوْنَ 
"Sesungguhnya mereka berkata, "Jika dia dimakan serigala, padahal kami kelompok (yang kuat), kalau demikian tentu kami orang-orang yang rugi." (QS. Yusuf 12: Ayat 14)

فَلَمَّا ذَهَبُوْا بِهٖ وَاَجْمَعُوْٓا اَنْ يَّجْعَلُوْهُ فِيْ غَيٰبَتِ الْجُبِّۚ وَاَوْحَيْنَآ اِلَيْهِ لَتُنَبِّئَنَّهُمْ بِاَمْرِهِمْ هٰذَا وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ 
"Maka ketika mereka membawanya dan sepakat memasukkan ke dasar sumur, Kami wahyukan kepadanya, "Engkau kelak pasti akan menceritakan perbuatan ini kepada mereka, sedang mereka tidak menyadari." (QS. Yusuf 12: Ayat 15)

وَجَاۤءُوْٓ اَبَاهُمْ عِشَاۤءً يَّبْكُوْنَۗ 
"Kemudian mereka datang kepada ayah mereka pada petang hari sambil menangis."
(QS. Yusuf 12: Ayat 16)



Post a Comment for "Keutamaan Surat Yusuf dan Cara Mengamalkannya"