Keutamaan Surat Ar-Ra'd dan Cara Mengamalkannya

 Keutamaan Surat AR-RA'D

Keutamaan Surat Ar-Ra'd

Berbagi Fakta - Surat Ar-Ra'd
adalah Surah ke-13 dalam Al-Qur'an. Surat ini tergolong surah Madaniyah dan terdiri dari 43 ayat. Surah ini dinamakan Ar-Ra'd yang berarti Guruh (Petir) karena dalam ayat 13 Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهٖ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ مِنْ خِيْفَتِهٖۚ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيْبُ بِهَا مَنْ يَّشَاۤءُ وَهُمْ يُجَادِلُوْنَ فِى اللّٰهِ ۚوَهُوَ شَدِيْدُ الْمِحَالِۗ 

"Dan guruh bertasbih memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, sementara mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia Mahakeras siksaan-Nya." (QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 13)

Isi yang terpenting dari surah ini ialah bahwa bimbingan Allah SWT kepada makhluk-Nya bertalian erat dengan hukum sebab dan akibat. Bagi Allah SWT tidak ada pilih kasih dalam menetapkan hukuman. Balasan atau hukuman adalah akibat dan ketaatan atau keingkaran terhadap hukum Allah SWT.

Adapun Amalan Ayat Alquran yang Dahsyat, berikut kumpulan fadhilah surat al qur'an di antara keutamaan atau cara mengamalkan dari Surat Ar-Ra'd adalah sebagai berikut:

Amalan Supaya Dicintai

Sebagai seorang manusia pastinya kita selalu senantiasa mendapat cinta dan kasih sayang dari keluarga ataupun orang-orang yang disekitar kita, tentu saja karunia tersebut merupakan nikmat yang begitu indah. Karena itu, siapa saja yang sudah mendapatkan nikmat dan karunia terindah tersebut sepatutnya bersyukur kepada Allah Swt.

Namun, bagi yang belum pernah merasakan begitu indahnya dicintai dan ingin merasakan bagaimana rasanya dicintai dan disayangi, maka anda bisa mengusahakannya melalui doa atau amalan, adapun itu dapat kiranya mengamalkan penggalan ayat ke-31 dari surat ar-Ra'd.

Demikian ini cara pengamalannya:

Bacalah surah Ar Rad ayat 31 sebabnya 7 kali. Adapun bacaannya sebagai berikut ini:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

وَلَوْ اَنَّ قُرْاٰنًا سُيِّرَتْ بِهِ الْجِبَالُ اَوْ قُطِّعَتْ بِهِ الْاَرْضُ اَوْ كُلِّمَ بِهِ الْمَوْتٰىۗ بَلْ لِّلّٰهِ الْاَمْرُ جَمِيْعًاۗ اَفَلَمْ يَا۟يْـَٔسِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْ لَّوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَهَدَى النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَلَا يَزَالُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا تُصِيْبُهُمْ بِمَا صَنَعُوْا قَارِعَةٌ اَوْ تَحُلُّ قَرِيْبًا مِّنْ دَارِهِمْ حَتّٰى يَأْتِيَ وَعْدُ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ 

Artinya: "Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan itu gunung-gunung dapat digoncangkan, atau bumi jadi terbelah, atau orang yang sudah mati dapat berbicara, (itulah Al-Qur'an). Sebenarnya segala urusan itu milik Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman mengetahui bahwa sekiranya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi di dekat tempat kediaman mereka, sampai datang janji Allah (penaklukan Mekah). Sungguh, Allah tidak menyalahi janji." (QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 31)

Setelah membaca surat ar-rad ayat 31, lanjutkan dengan menyebut orang yang dimaksud dan apabila ingin dicintai semua orang, maka cukup diniatkan atau diucapkan untuk semua orang. Insyaallah dengan niat yang baik dan mengamalkannya dengan istiqamah akan mustajab.

Pelajari Keutamaan Surat Al-Ma'idah dan Cara Mengamalkannya

Amalan untuk mendapatkan pahala sejumlah awan yang ada di langit

 Inilah salah satu keistimewaan mengamalkan surat Ar Rad adalah untuk mendapatkan pahala sejumlah awan yang pernah ada dan yang akan ada sampai hari kiamat kelak. Begitu Dasyat kan? Nah, dengan demikian bacalah surat ar-Ra'd secara istiqamah dan lakukanlah setiap hari agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Doa Terlindung dari Petir

Salah satu keutamaan memperbanyak diri mengatakan surat Ar Ra'd adalah untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT dari bahaya Petir (guruh).

Doa agar masuk surga tanpa Hisab

Adapun keutamaan lain mengamalkan surah Ar Ra'd ini secara istiqamah ialah dapat masuk surga tanpa melalui perhitungan atau hisap.

Amalan untuk mengobati sakit kepala Migrain

Dalam sebuah kitab Syamsul Ma'arif dijelaskan bahwa salah satu ayat dari surah Ar Ra'd dapat mengobati sakit kepala setengah, dengan izin Allah SWT. Amalan ini bisa untuk mengobati sakit kepala setengah pada diri sendiri ataupun orang lain. Ayat yang dimaksud ialah ayat ke-16 dari surah Ar-Ra'd:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

قُلْ مَنْ رَّبُّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ قُلِ اللّٰهُ ۗقُلْ اَفَاتَّخَذْتُمْ مِّنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَ لَا يَمْلِكُوْنَ لِاَنْفُسِهِمْ نَفْعًا وَّلَا ضَرًّاۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِى الْاَعْمٰى وَالْبَصِيْرُ ەۙ اَمْ هَلْ تَسْتَوِى الظُّلُمٰتُ وَالنُّوْرُ ەۚ اَمْ جَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ خَلَقُوْا كَخَلْقِهٖ فَتَشَابَهَ الْخَلْقُ عَلَيْهِمْۗ قُلِ اللّٰهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُوَ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ 
"Katakanlah (Muhammad), "Siapakah Tuhan langit dan bumi?" Katakanlah, "Allah." Katakanlah, "Pantaskah kamu mengambil pelindung-pelindung selain Allah, padahal mereka tidak kuasa mendatangkan manfaat maupun menolak mudarat bagi dirinya sendiri?" Katakanlah, "Samakah orang yang buta dengan yang dapat melihat? Atau samakah yang gelap dengan yang terang? Apakah mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?" Katakanlah, "Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia Tuhan Yang Maha Esa, Mahaperkasa." (QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 16)

Insyaallah dengan cara diatas Allah SWT akan mengangkat sakit tersebut.

Post a Comment for "Keutamaan Surat Ar-Ra'd dan Cara Mengamalkannya"