Rumus keuangan sehat

Tips keuangan

Rumus keuangan Sehat
Kenali Kondisi Keuanganmu

Kesehatan keuangan adalah kemampuan seseorang menyeimbangkan kebutuhan keuangan saat ini dan keuangan di masa depan. Termasuk juga kemampuan seseorang menghadapi kondisi tidak terduga dalam aktivitas keuangan.

Ciri-ciri terganggunya kesehatan keuangan bisa dilihat dari pengeluaran yang lebih tinggi dari pendapatan, minimnya kondisi tabungan, telat atau gagal membayar pinjaman, dan perencanaan keuangan yang buruk. Jika kondisi tersebut tidak teratasi, maka orang tersebut akan mengalami stress dalam keuangan, yaitu ketakutan akan kondisi keuangan yang dimiliki saat ini dan di masa depan.

Cara Menjaga Kesehatan Keuangan

Inilah alasan pentingnya keuangan sehat ialah karena kondisi keuangan yang tidak sehat akan mempengaruhi kesehatan fisik dan kesehatan mental seseorang. Merasa tidak aman dalam kebutuhan ekonomi membuat orang mudah terserang penyakit dan merasa gelisah dalam dirinya.

Akan tetapi sebetulnya untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat tidaklah sulit. Selama kita memahami konsep keuangan dan mau berupaya lebih dalam mengatur keuangan pribadi. Berikut ini cara-cara menjaga finansial sehat yang wajib di coba:

Memahami Konsep tentang Piramida Keuangan

Piramida keuangan merupakan gambaran perencanaan keuangan yang kuat. Bahwa dalam mengatur keuangan memang diperlukan perencanaan yang jelas dan harus terperinci. Kita bisa mulai dengan mempelajari piramida keuangan agar dapat memahami mana yang jadi prioritas utama dalam masalah keuangan. 

Memilah Keinginan dan Kebutuhan

Kemampuan memilih dan memilah mana yang jadi kebutuhan utama dan keinginan akan membantu mengatur pengeluaran dengan tepat. Kita bisa menggunakan metode 50:30:20, untuk membagi pendapatan. 50 persen dari pendapatan untuk keperluan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan dan keinginan. Terakhir 20 persen untuk ditabung. 

Dengan metode ini kita bisa mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan. Dan juga tetap dapat bersenang-senang, membeli barang atau hiburan sesuai keinginan.

Menyiapkan Proteksi Keuangan

Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Akan tetapi kita wajib menyiapkan dana proteksi dimasa mendatang. Caranya ialah dengan memiliki asuransi. Dengan mempunyai asuransi, pikiran jadi lebih aman dan tenang, karena kita sudah mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Asuransi di sini tidak hanya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan asuransi lainnya juga perlu. Kita bisa menyesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan keuangan yang kita perlukan.

Menyiapkan Tabungan dan Dana Pensiun

Selain memiliki asuransi, kita juga harus mulai mempersiapkan tabungan dan dana pensiun. 20 persen uang yang disisihkan dari pendapatan bisa kita bagi kembali sebagian untuk tabungan dana darurat. 

Sebagian lagi untuk simpanan dana pensiun. Atau cara lain bisa dengan menambah penghasilan pasif, untuk tambahan tabungan. Dengan memiliki tabungan, kita mempunyai dana darurat yang bisa dipakai sewaktu-waktu yang kita butuhkan.

Baca juga: Koperasi Simpan Pinjam Banyuwangi

Ketika ada kondisi tidak terduga yang mempengaruhi sumber penghasilan, kita akan tetap merasa aman karena masih ada dana darurat yang bisa kita pakai sewaktu-waktu. Menyiapkan dana pensiun juga berarti kita sudah mempersiapkan keuangan agar bisa hidup sejahtera di masa mendatang.

Nah Sobat BerbagiFakta, itulah beberapa cara menjaga kesehatan keuangan dimasa sekarang dan waktu yang akan datang. Kesehatan keuangan berdampak langsung pada kesehatan mental bahkan kesehatan fisik seseorang. Membuat perencanaan dan mengelola keuangan dengan baik akan membuat hasil yang baik dimasa mendatang.

Ketika kita merasa masalahnya bukan hanya pada cara pengelolaan keuangan, akan tetapi masalahnya terdapat dalam kurangnya modal usaha yang kita jalani, maka solusinya adalah dengan pengajuan modal usaha di koperasi Modern.

Koperasi Modern bukan hanya membiayai kebutuhan modal usaha, melainkan kebutuhan lainnya seperti kebutuhan pendidikan anak, kesehatan, dan kebutuhan lainnya? Koperasi Modern siap membantu Anda melalui produk jaminan sertifikat ataupun BPKB kendaraan anda.

Dapatkan suku bunga yang rendah, serta persyaratan dan proses pinjaman yang mudah, cepat, terbaik dan terpercaya dengan jangka waktu pembiayaan sesuai kemampuan anda.

Pelajari Pentingnya Merencanakan Keuangan Pribadi

Adapun Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Jaminan BPKB syaratnya adalah KTP Suami Istri, Kartu Keluarga, STNK
  • Jaminan Sertifikat syaratnya adalah KTP Suami Istri, Kartu Keluarga, Buku Nikah, SPPT Terbaru

Info lebih lanjut:

WhatsApp: 0822-3311-6727

Alamat Kantor: Dsn.Pekulo Desa Kepundungan Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi

Post a Comment for "Rumus keuangan sehat"