Peringatan Isro' Mi'roj SMP Al Qodiriyah



SMP Al Qodiriyah 

Banyuwangi - SMP Al Qodiriyah Srono melaksanakan kegiatan peringatan Isra Miraj tahun 1444 Hijriyah, pada hari Kamis (16/2/2023) dengan tema “meningkatkan Kedisiplinan dalam Sholat 5 Waktu”.

Peringatan isro' mi'roj dan peringatan satu abad NU diisi dengan sholawat bersama, tausiyah dan diakhiri dengan Genduren bersama seluruh warga sekolah.

Bulan Rajab adalah bulan yang mulia, bulan Ashom atau bulan yang tuli. Pada bulan ini Allah SWT tidak melihat kemaksiatan umat, yang dilihat adalah kebaikan umatnya.


Doa di bulan Rajab 

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa balighna ramadhana

Artinya: “ Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban serta pertemukanlah kami sampai bulan Ramadhan.

Keberkahan hidup dimaknai sebagai sesuatu yang bernilai kebaikan. Berkah saat menjadi siswa adalah berkah ketika kita butuh ilmu ya harus dengan belajar, berkah dengan perjuangan, serta jangan lupa disertai dengan berdoa. Amalan yang dapat dilakukan di bulan Rajab diantaranya adalah memperbanyak dzikir dan istighfar.

Isra miroj merupakan peristiwa yang sangat penting karena berkaitan dengan ibadah utama bagi umat Islam yakni sholat 5 waktu.

Isra merupakan peristiwa penjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Sementara Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju langit ke tujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah langsung. Saksinya adalah Malaikat Jibril. Allah memanggil Rasul untuk menyampaikan perintah mendirikan salat bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Awalnya Rasul diperintah untuk menjalankan sholat 50 kali selama satu hari satu malam. Namun karena takut umatnya tidak bisa menjalankannya, Nabi Muhammad SAW meminta keringanan hingga hanya perlu menjalankan sholat 5 waktu dalam sehari semalam.

Sholat merupakan pokoknya ibadah. Dengan sholat kita jadi belajar untuk bersih diri, bersih pada pakaiannya, serta bersih pada tempat untuk mengerjakan sholat.

Bu ayun selaku pengurus pondok pesantren dan sekolah menambahkan dalam sambutannya peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini digunakan untuk peningkatan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Setiap Peristiwa Adalah Sebuah Sejarah, Pada Bulan Rajab Yang penuh mulia Ini Kuarga Besar SMP Al Qodiriyah memperingati Isro' Mi'roj Nabi Muhammad saw. Pungkasnya.

Baca juga: Keutamaan Surat Al-Isra' dan cara Mengamalkannya


Post a Comment for "Peringatan Isro' Mi'roj SMP Al Qodiriyah"