Cara menghilangkan jerawat menurut Islam


 Doa menghilangkan jerawat menurut Islam

Setiap masalah atau penyakit pasti ada solusi atau obatnya, dalam Al-Qur'an setiap ayat dan surat juga bisa jadi salah satu perantara kesembuhan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا 
wa nunazzilu minal-qur'ani mā huwa syifa uw wa raḥmatul lil-mu'minina wa la yaziduz-zālimina illā khasārā

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian." (QS. Al-Isra 17: Ayat 82)

Dikutip dari buku "Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an" terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan di antara keutamaan mengamalkan salah satu ayat dari surat Tha ha adalah untuk mengobati jerawat. Cara pengamalannya sendiri ia kutip dari kitab Syamsul Ma'arif dijelaskan cara menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut:
  1. Ambillah tujuh biji buah gandum.
  2. Kemudian bacakan surat Al-Baqarah ayat 243 dan surat Taha ayat 105 masing-masing sebanyak 7 kali.
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ خَرَجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ وَهُمْ اُلُوْفٌ حَذَرَ الْمَوْتِۖ فَقَالَ لَهُمُ اللّٰهُ مُوْتُوْا ۗ ثُمَّ اَحْيَاهُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَذُوْ فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُوْنَ 
a lam tara ilallażina kharaju min diyārihim wa hum ulūfun ḥażaral-mauti fa qāla lahumullāhu mūtū, summa aḥyāhum, innallāha lażū faḍlin 'alan-nāsi wa lakinna aksaran-nāsi la yasykurūn

Artinya: "Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang keluar dari kampung halamannya, sedang jumlahnya ribuan karena takut mati? Lalu, Allah berfirman kepada mereka, "Matilah kamu!" Kemudian, Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah memberikan karunia kepada manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 243)

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْجِبَالِ فَقُلْ يَنْسِفُهَا رَبِّيْ نَسْفًا ۙ 
wa yas'alūnaka 'anil-jibāli fa qul yansifuhā rabbi nasfa

Artinya: "Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang gunung-gunung, maka katakanlah, "Tuhanku akan menghancurkannya (pada hari Kiamat) sehancur-hancurnya," (QS. Ta Ha 20: Ayat 105)

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi di kalangan banyak orang, baik pria maupun wanita. Meskipun tidak berbahaya, jerawat dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dan merusak penampilan kulit wajah. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk perawatan kulit yang mahal untuk menghilangkan jerawat. Di artikel ini, kami akan membahas cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Membersihkan Kulit

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah membersihkan kulit dengan benar. Pastikan Anda membersihkan wajah dengan lembut dua kali sehari, pagi dan malam hari, dengan menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda. Hindari menggosok kulit terlalu keras karena hal itu dapat merusak kulit dan membuat jerawat semakin parah.

Menggunakan Es Batu

Es batu bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan mempersempit pori-pori kulit. Cukup bungkus es batu dalam kain dan tempelkan pada area yang berjerawat selama beberapa menit setiap hari.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Rendam kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit, kemudian dinginkan dan tempelkan pada area yang berjerawat selama beberapa menit.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloin, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan kulit yang iritasi. Ambil gel lidah buaya segar dan oleskan pada area yang berjerawat selama 10-15 menit sebelum dicuci bersih.

Madu

Madu mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Oleskan madu pada area yang berjerawat dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dicuci bersih.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Hancurkan pepaya matang dan oleskan pada area yang berjerawat selama 15-20 menit sebelum dicuci bersih.

Minum Air Putih Secara Teratur

Minum air putih secara teratur dapat membantu menghilangkan jerawat dengan membantu membersihkan racun dari dalam tubuh dan menjaga kulit tetap lembab.

Jadi, itu dia beberapa cara alami dan cepat untuk menghilangkan jerawat. Namun, ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga hasilnya mungkin berbeda-beda pula. Selalu perhatikan dan kenali jenis kulit Anda, dan konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda mengalami masalah kulit yang parah atau menetap.

Post a Comment for "Cara menghilangkan jerawat menurut Islam"