Keutamaan Surat Al-Anfal dan Cara Mengamalkannya

 KEUTAMAAN SURAT AL-ANFÂL

Keutamaan Surat Al-Anfal

Berbagi Fakta - Sūrah Al-Anfāl (harta rampasan perang) adalah surah ke-8 pada al-Qur'an. Surah ini termasuk golongan surah Madaniyah dan terdiri atas 75 ayat. Surah ini dinamakan Al-Anfal yang berarti harta rampasan perang, berhubung kata Al-Anfal terdapat pada permulaan surah ini dan juga persoalan yang menonjol dalam surah ini ialah tentang harta rampasan perang, hukum perang dan hal-hal yang berhubungan dengan peperangan pada umumnya.

Menurut riwayat Ibnu Abbas, surah ini diturunkan berkenaan dengan perang Badar yang terjadi pada tahun 2 H. Peperangan ini sangat penting bagi kaum muslimin karena merupakan peristiwa yang menentukan jalan sejarah Perkembangan Islam. Pada waktu itu umat Islam dengan berkekuatan kecil untuk pertama kali dapat mengalahkan kaum musyrik yang berjumlah sangat besar dan memiliki perlengkapan yang lebih memadai, dan mereka dalam peperangan ini memperoleh harta rampasan perang yang tidak sedikit. Oleh karena itu muncullah masalah bagaimana membagi harta-harta rampasan perang itu, maka kemudian Allah menurunkan ayat pertama dari surah ini.

Fadilah dan Khasiat Surat Al-Anfal

Apakah anda pernah merasakan getaran di hati ketika mendengar ayat-ayat Al-Quran? Pastinya anda semua pernah merasakannya, jika tidak, berarti anda belum banyak melakukan amalan-amalan sunnah.

Begitu banyak amalan-amalan sunnah yang bisa menimbulkan getaran di hati ketika kita mendengar ayat-ayat atau kalimat-kalimat Allah. Di antaranya yaitu sholat dan dzikir. Dzikir yaitu membaca Al-Quran dan menyebut kalimat-kalimat Allah secara berulang-ulang.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat Al-Fatihah dan Cara Mengamalkannya

Adapun Amalan-amalan dari surat Al Anfal untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt ataupun ingin hajatnya mudah terkabulkan ialah seperti berikut ini: 

Agar Terbebas dari Sifat Munafik

Salah satu keutamaan mengamalkan surat al-Anfâl adalah agar terbebas dari nifaq (sifat munafik). Cara pengamalannya adalah dengan membaca surat al-Anfâl dan surat at-Taubah setiap hari secara istikamah. Demikian dijelaskan oleh Imam al-Yafi'i dalam kitab ad-Durr an-Nazhim fi Khawash al-Qur`an al-'Azhim.

Baca juga: Rahasia Keutamaan Surat An-Nisa dan Cara Mengamalkannya

Agar Dicintai Oleh Semua Orang

Adapun keutamaan dan khasiat surat Al-Anfal adalah dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang. Serta ia disegani oleh seluruh lapisan masyarakat, ia akan mengeluarkan aura kewibawaan yang akan membuat orang lain nyaman ketika berada di dekatnya.

Adapun caranya yaitu dengan membaca surat Al-Anfal ayat 62-63 yang berbunyi:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

وَاِنْ يُّرِيْدُوْٓا اَنْ يَّخْدَعُوْكَ فَاِنَّ حَسْبَكَ اللّٰهُ ۗهُوَ الَّذِيْٓ اَيَّدَكَ بِنَصْرِهٖ وَبِالْمُؤْمِنِيْنَۙ 

"Dan jika mereka hendak menipumu, maka sesungguhnya cukuplah Allah (menjadi pelindung) bagimu. Dialah yang memberikan kekuatan kepadamu dengan pertolongan-Nya dan dengan (dukungan) orang-orang mukmin," (QS. Al-Anfal 8: Ayat 62)

وَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْۗ  لَوْاَنْفَقْتَ مَا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا مَّآ اَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ اَلَّفَ بَيْنَهُمْۗ اِنَّهٗ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ 

"dan Dia (Allah) yang mempersatukan hati mereka (orang yang beriman). Walaupun kamu menginfakkan semua (kekayaan) yang berada di Bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sungguh, Dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." (QS. Al-Anfal 8: Ayat 63)

Bacalah ayat di atas sebanyak mungkin tanpa batas waktu dan tempat. Gunakan ayat tersebut sebagai dzikir agar menjadi wasilah agar doa kita dikabulkan serta orang-orang akan mencintai kita.

Baca juga: Dasyatnya Surat Yusuf ayat 4 untuk pengasihan

Agar Musuh tak Berdaya

Ambillah debu atau kerikil kemudian bacakan surat Al Anfal ayat 17 lalu lemparkan ke arah musuh. Insyaallah apabila Allah meridhoi maka musuh menjadi akan kehilangan kekuatannya. Adapun bunyi surat Al Anfal ayat 17 adalah sebagai berikut:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:

فَلَمْ تَقْتُلُوْهُمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ قَتَلَهُمْۖ وَمَا رَمَيْتَ اِذْ رَمَيْتَ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ رَمٰىۚ وَلِيُبْلِيَ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْهُ بَلَاۤءً حَسَنًاۗ اِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ 

"Maka (sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, melainkan Allah yang membunuh mereka, dan bukan engkau yang melempar ketika engkau melempar, tetapi Allah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. Al-Anfal 8: Ayat 17)

Demikianlah Keutamaan dan Hikmah yang terkandung dalam Surat Al-Anfal. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Waktu Paling Mustajab agar Doa Diijabah

Keutamaan dan Pokok Kandungan Surat Al-Anfal

Adapun keutamaan dan pokok kandungan dari Surat Al-Anfal adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan tujuan peperangan dalam Islam.
  2. Menceritakan kisah keadaan baginda Nabi Muhammad Saw sebelum hijrah.
  3. Menjelaskan bahwa Allah senantiasa bersama orang-orang beriman dan melindungi mereka.
  4. Menceritakan kisah-kisah keagungan kaum muslimin saat perang Badar.
  5. Menjelaskan bahwa syukur adalah salah satu dosa besar.
  6. Jaminan Allah terhadap kemenangan kau muslimin.
  7. Menjelaskan hukum larangan mundur ketika perang.
  8. Menjelaskan tentang aturan pembagian harta rampasan perang.
  9. Menceritakan tentang ahli kitab dan keburukan-keburukan orang Munafik.
  10. Menjelaskan adanya pertolongan para malaikat dalam perang Badar yang menolong kamu muslimin.
  11. Menjelaskan larangan mengkhianati perjanjian.
  12. Permusuhan kaum musyrik terhadap Baginda Nabi Saw.
  13. Menjelaskan hukum bolehnya memakan harta rampasan perang.
  14. Menceritakan keadaan kaum muslimin ketika perang Badar.
  15. Menceritakan pembatalan perjanjian antara Yahudi dengan Nabi Muhammad Saw.
  16. Menjelaskan larangan berkhianat kepada Allah dan Rasul.
  17. Menceritakan keadaan kaum musyrikin.
  18. Menceritakan ketika perang masih berlangsung.

Sumber: Manfaat Amalan dalam Hidup

Post a Comment for "Keutamaan Surat Al-Anfal dan Cara Mengamalkannya"